Luhut Baru Tahu Pentingnya Teknik Tracing | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Istimewa

Luhut Baru Tahu Pentingnya Teknik Tracing

Ceknricek.com--Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, teknik tracing (pelacakan) merupakan kunci dalam mendeteksi Covid-19. Dengan adanya tracing, maka penyebaran Covid-19 dapat dengan cepat diketahui.

“Jadi sekarang kita sudah semakin mengerti bahwa teknik tracing itu penting dalam penanganan Covid-19. Teknik tracing ini kuncinya,” ujar Luhut, dikutip dari siaran pers Kemenko Marves, Kamis (29/7/2021).

Luhut menuturkan, tidak menutup kemungkinan jumlah pasien positif akan diketahui lebih banyak dari sebelumnya. “Jadi saya sudah bilang Presiden, nanti mungkin jumlah yang diketahui terinfeksi akan naik, namun tidak apa apa, kan dia ‘tercabut’ dari keluarganya. Jadi tidak terjadi banyak penularan di keluarga,” tutur dia.

Melalui tracing, masyarakat yang terpapar Covid-19 bisa langsung ditangani. Saat ini, pemerintah telah menambah jumlah tempat isolasi terpusat hingga ketersediaan tempat tidur (BOR) di rumah sakit (RS). Selain itu, tambahan rumah oksigen membuat penanganan Covid-19 semakin membaik.

“Jadi ini isolasi terpusat masih berapa ribu di Jakarta, lalu RS bed-nya juga turun sekarang, sudah turun banyak. Apalagi ini juga ada rumah oksigen," tutur Luhut.

Luhut menjelaskan, saat ini ketersediaan tempat tidur di Jakarta sekitar 9.000 lebih. Sementara di seluruh Jawa-Bali disiapkan hampir 50.000 tempat tidur, di antaranya di Bandung, Semarang, Yogya, Solo Raya, Surabaya, Malang, Bali dan sebagainya.

 “Oksigen sudah mulai kita siapkan, kita dapat ISO Tank (alat angkut bahan kimia cair/gas) tambahan hampir 20, nah ini akan kita gunakan untuk menampung oksigen yang ada dari Konawe, Jawa, Kalimantan, dan Bali," ucapnya.

"Sehingga kami berharap ISO Tank yang kita siapkan ini membantu daripada kekurangan-kekurangan oksigen,” ujar Luhut.

Ia menambahkan, ISO Tank Container sangat dibutuhkan untuk mengirimkan oksigen cair atau gas dari sebuah industri migas ke suatu pulau atau ke depo minyak dan gas pada suatu wilayah.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait