Foto: Ashar/Ceknricek.com

Mengenal Aplikasi "Gerak 2.0" untuk Kaum Disabilitas 

Ceknricek.com -- Hari ini, Rabu (4/12), di momen peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2019, Rexona, The Special ID dan MRT Jakarta resmi meluncurkan aplikasi "Gerak 2.0" di M Bloc Live House, Panglima Polim, Jakarta Selatan.

Menurut Ira Noviarti, Personal Care Director PT Unilever Indonesia, aplikasi ini muncul untuk membantu 30 juta penyandang disabilitas terkait akses dan fasilitas penunjang mobilitas yang dapat membantu mereka bergerak dengan leluasa. Selain itu, Ira mengatakan aplikasi ini mendukung program pemerintah yaitu ''Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul'' guna menyetarakan hak semua golongan, termasuk penyandang disabilitas, sehingga tidak ada satu pun yang tertinggal dalam proses pembangunan.

Ira merinci aplikasi "Gerak 2.0" adalah sebuah aplikasi mobile yang memungkinkan seluruh lapisan masyarakat untuk menikmati mobilitas dan keleluasaan bergerak melalui fitur-fitur yang semakin disempurnakan dari generasi sebelumnya.

"Aplikasi ini memiliki 3 pilar utama, salah satunya koneksi. Aplikasi ini dirancang sebagai alat bantuan navigasi untuk mengkoneksikan penggunanya dengan lokasi yang ingin mereka tuju berdasarkan Google Map, yang dilengkapi dengan fitur voice activated agar para penyandang disabilitas dapat menikmati hak untuk bermobilitas dengan nyaman," kata Ira.

Foto: Ashar/Ceknricek.com

Baca Juga: Staf Khusus Presiden Berharap Media Lebih Ramah pada Kaum Difabel

Menurut Ira, ke depannya aplikasi ini juga akan menghubungkan seluruh penggunanya (penyandang disabilitas maupun non-disabilitas) untuk saling terkoneksi dalam berbagai informasi mengenai tempat-tempat yang ramah bagi penyandang disabilitas.

"Aplikasi ini juga terkoneksi ke transportasi online 'Gerak' (berkolaborasi dengan Grab Indonesia), sehingga para penyandang disabilitas dapat memesan kendaraan lebih mudah dan mendapatkan layanan sesuai dengan kebutuhan khusus mereka. Kontribusi melalui fitur "Gerak Count"," jelas Ira.

Ira mengatakan, aplikasi ini juga memungkinkan masyarakat non-disabilitas untuk berkontribusi dalam mendukung mobilitas masyarakat penyandang disabilitas lewat donasi yang terhimpun dari jumlah langkah yang mereka lakukan setiap hari.

Foto: Ashar/Ceknricek.com

"Untuk mewujudkan kontribusi ini, Rexona memiliki target untuk mengumpulkan 2 miliar langkah. Donasi yang terkumpul akan disalurkan dalam bentuk kursi roda bagi para penyandang disabilitas yang kurang mampu. Kami mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dengan men-download aplikasi "Gerak 2.0" melalui Google Play Store dan mari kita ciptakan gerak tak terbatas," tutup Ira.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: NadiaNabillah


Berita Terkait