Mengenal Kanker Usus yang 'Membunuh' Bintang Black Panther | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Mengenal Kanker Usus yang 'Membunuh' Bintang Black Panther

Ceknricek.com -- Bintang Black Panther,Chadwick Boseman, meninggal dunia dalam usia 43 tahun, pada Jumat (28/8/20) waktu setempat. Dia mengembuskan napas terakhir setelah 4 tahun berjuang melawan kanker usus.  Kanker ini, adalah jenis kanker yang dimulai di usus besar. Usus besar adalah bagian akhir dari saluran pencernaan. Kanker ini biasanya menyerang orang dewasa yang lebih tua, meski bisa terjadi pada usia berapa pun. Biasanya dimulai sebagai gumpalan sel kecil non-kanker (jinak) yang disebut polip yang terbentuk di bagian dalam usus besar. Seiring waktu, beberapa polip ini bisa menjadi kanker usus besar.

Polip mungkin kecil dan menghasilkan sedikit, jika ada, gejala. Untuk alasan ini, dokter merekomendasikan tes skrining rutin untuk membantu mencegah kanker usus besar dengan mengidentifikasi dan menghilangkan polip sebelum berubah menjadi kanker.

Jika kanker usus besar berkembang, banyak perawatan tersedia untuk membantu mengendalikannya, termasuk operasi, terapi radiasi dan perawatan obat, seperti kemoterapi, terapi bertarget, dan imunoterapi.

Baca Juga: Daftar Film Biopik yang Dibintangi Chadwick Boseman ‘Black Panther’

Kanker usus besar kadang-kadang disebut kanker kolorektal, yaitu istilah yang menggabungkan kanker usus besar dan kanker rektal, yang dimulai di rektum.

Gejalanya meliputi perubahan terus-menerus dalam kebiasaan buang air besar, termasuk diare atau sembelit atau perubahan konsistensi tinja.  Selain itu, pendarahan rektal atau darah di tinja Anda, ketidaknyamanan perut yang terus-menerus, seperti kram, gas, atau nyeri, perasaan bahwa usus tidak kosong sepenuhnya. Tanda lainnya, penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan.

Namun, banyak penderita kanker usus besar tidak mengalami gejala pada tahap awal penyakit. Ketika gejala muncul, kemungkinan besar akan bervariasi, tergantung pada ukuran dan lokasi kanker di usus besar Anda.

Kapan harus ke dokter? Jika Anda melihat gejala persisten yang membuat Anda khawatir, buatlah janji dengan dokter Anda. Bicarakan dengan dokter Anda tentang kapan harus memulai skrining kanker usus besar. Dokter Anda mungkin merekomendasikan skrining yang lebih sering atau lebih awal jika Anda memiliki faktor risiko lain, seperti riwayat penyakit dalam keluarga.


BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait