Indomie, salah satu merek Indonesia yang mendunia. Foto: Anton Rijal/studentshow.com

Merek-merek Makanan Indonesia yang Terkenal di Dunia

Ceknricek.com - Ada banyak sekali merek makanan dan minuman asli Indonesia yang masyarakat nikmati setiap hari. Mulai dari makanan ringan, makanan instan, minuman, camilan, hingga suplemen. Beberapa merek asli Indonesia tidak hanya terkenal di dalam negeri saja, pemasarannya sudah menjangkau berbagai negara alias go international.

Berikut ini beberapa merek yang telah dinikmati oleh banyak orang di berbagai negara.

Indomie

Saat membaca nama mereknya saja, sudah terbayang aroma semerbak dan rasa nikmat mi instan satu ini. Indomie diproduksi pertama kali tahun 1969 dengan varian pertama yaitu Indomie Kuah Rasa Kaldu Ayam. Tahun 1982 muncul varian kedua, rasa Kari Ayam yang disusul Indomie Mi Goreng setahun kemudian.

Kini, si raja mi instan ini tidak hanya menguasai pasar di Indonesia, ia juga digemari di lebih dari 80 negara di dunia. Produk Indomie dipasarkan di benua Asia, Australia, Amerika, Eropa, dan Afrika.

La Fonte

Mereknya terdengar seperti berasal dari negara Eropa seperti Italia atau Prancis. Padahal produk pasta kering dan saus pasta ini merupakan produk asli Indonesia di bawah PT Bogasari. La Fonte berdiri sejak 18 Desember 1991 dengan memproduksi makanan khas Italia seperti Spageti, Fetucini, dan Macaroni.

Merek yang kerap menyebutkan “al dente” (tekstur kenyal pas dan sempurna) ini telah dipasarkan ke lebih dari 20 negara. Mulai dari negara-negara ASEAN, Jepang, Kore, Hongkong, Cina, hingga Bahrain, Arab, dan Nigeria.

Mariza Foods

Anda pasti pernah menemukan kue lapis dalam kemasan yang dijual di minimarket dan supermarket. Kue bermerek Monica merupakan salah satu produk dari Mariza Foods. Produk pertamanya di tahun 1973 adalah selai Srikaya, kemudian selai coklat dan kacang.

Kemudiah tahun 1976, Mariza menciptakan Monica, lapis legit dalam kemasan yang awet hingga setahun. Tidak hanya diterima pasar Indonesia, produk Mariza juga mencapai pasar luar negeri.

Mariza membuat produk lain seperti sirup dan topping sebagai tambahan makan. Produk-produknya kini telah dipasarkan di ASEAN, Australia, China, Jepang, Eropa, hingga Amerika Serikat.

Tolak Angin

Merek satu ini sudah bisa dibilang melekat dengan “penyakit” masuk angin. Sepertinya tidak ada orang Indonesia yang tak mengetahui ramuan herbal anti masuk angin satu ini. Obat herbal ini dibuat tahun 1930 oleh perusahan Sido Muncul.

Produk yang terkenal dengan slogan “Orang pintar, minum Tolak Angin” ini tidak hanya dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tolak angin telah diekspor ke berbagai negara di ASEAN, Hongkong, Taiwan, Australia, Belanda, dan Amerika Serikat.

Kopiko

Permen “gantinya ngopi” merupakan salah satu brand PT Mayora Indah Tbk. Permen kopi ini pertama kali diperkenalkan ke masyarakat tahun 1990 yang iklannya dibintangi Parto Patrio.

Kopiko telah menjangkau lebih dari 50 negara di dunia mulai ASEAN, Asia, Australia, hingga Eropa dan Afrika. Tidak hanya mendunia, merek ini juga dikonsumsi hingga luar angkasa. Pada akhir tahun 2017, astronot NASA menunjukkan foto makanan di dalam pesawat luar angkasa. Di dalam foto tersebut terdapat Kopiko. Permen Kopiko dinilai menjadi ide yang bagus untuk para astronot yang ingin kopi tetapi tidak mungkin meminumnya di luar angkasa.