Messenger Rooms Sudah Tersedia, Simak Cara Pakainya untuk Video Call | Cek&Ricek
Foto: Istimewa

Messenger Rooms Sudah Tersedia, Simak Cara Pakainya untuk Video Call

Ceknricek.com -- Setelah beberapa waktu lalu mengumumkan kehadiran Messenger Rooms, fitur panggilan suara yang dapat menampung 50 orang sekaligus, Facebook kini resmi merilis kemampuan tersebut secara global.

"Messenger Rooms memungkinkan Anda membuat ruang untuk menyelenggarakan panggilan video gratis yang dapat menampung hingga 50 orang tanpa batas waktu, sehingga Anda dapat dengan mudah menghabiskan waktu berkualitas bersama teman-teman dan orang-orang terkasih," ujar VP of Messenger, Stan Chudnovsky, dalam situs resmi Facebook.

Dilansir dari pantauan Antara, Jumat, (15/5) fitur tersebut telah hadir di Indonesia. Antara menjajal fitur tersebut melalui aplikasi Messenger dengan terlebih dahulu memperbarui aplikasi tersebut.

Opsi "Create a Room" hadir pada laman muka utama saat membuka aplikasi Messenger. Di sana terdapat informasi bahwa Rooms dapat digunakan dengan cara mengundang siapa saja -- meskipun mereka tidak memiliki akun Facebook -- melalui tautan, tanpa harus mengunduh atau menginstal aplikasi.

"Orang yang menerima tautan atau undangan akan bisa melihat nama dan foto profil Anda dan mengetahui bahwa Anda berada di dalamnya. Percakapan ini dapat termasuk orang-orang yang tidak menjadi teman Anda di Facebook," begitu bunyi informasi pemberitahuan di aplikasi Messenger.

Baca juga: Perkuat Privasi dan Keamanan, Zoom Rekrut Ratusan Insinyur Perangkat Lunak

Sebelum mengirim tautan, Anda akan diberikan pilihan siapa saja yang dapat bergabung dalam percakapan Rooms Anda, apakah orang yang menerima tautan atau hanya teman-teman Anda di Facebook.

Tautan kemudian dapat di bagikan lewat pesan, email, WhatsApp, Facebook, bahkan Twitter. Di Facebook, Anda dapat berbagi link lewat News Feed, Grops atau Events.

Facebook memberikan keleluasaan untuk mengatur privasi dan keamanan, sehingga Anda dapat memilih siapa saja yang dapat melihat dan bergabung. Anda juga dapat mengeluarkan orang dari percakapan Rooms Anda, dan mengunci Rooms jika Anda tidak ingin ada orang lain yang bergabung.

Messenger Rooms dapat digunakan di perangkat apapun, mulai dari komputer, ponsel hingga tablet. Untuk membuat Rooms, pastikan untuk mengunduh versi terbaru aplikasi seluler Facebook dan Messenger di Apple App Store maupun Google Play Store, dan aplikasi Messenger Desktop di Microsoft Store atau Mac App Store.

"Kami akan terus menambahkan lebih banyak fitur pada Messenger Rooms dalam beberapa bulan mendatang. Kami berharap Messenger Rooms dapat membuat orang untuk lebih terhubung dengan orang yang mereka cintai, di mana pun mereka berada," ujar Chudnovsky. (Ant)

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait