Moto GP di Sirkuit Mandalika Digelar Periode 2021-2025 | Cek&Ricek
Foto: Istimewa

Moto GP di Sirkuit Mandalika Digelar Periode 2021-2025

Ceknricek.com -- Kabar gembira untuk penggila Moto GP di tanah air, dan bahkan dunia. Sesuai kesepakatan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), penyelenggaraan MotoGp di Mandalika, Indonesia dijadwalkan periode tahun 2021-2025. Menurut Sporting Director Dorna Sports, Carlos Ezpeleta, ada dua kemungkinan terbesar, yakni Maret 2021 atau akhir tahun 2021.

"Saya masih belum bisa memberi tahu karena memang belum diputuskan. Kemungkinan bisa Maret atau pada akhir tahun," ujar Carlos dalam jumpa pers acara peluncuran Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai promotor resmi MotoGP Mandalika 2021 di Plaza Indonesia, Sabtu (23/11).

Carlos menjelaskan, jika digelar pada Maret, MotoGP Mandalika berlangsung pada awal musim 2021, sebelum MotoGP Qatar yang selalu menjadi seri pembuka. Seperti diketahui, empat seri terakhir MotoGP biasanya berlangsung di Jepang, Malaysia dan Australia sebelum ditutup di Valencia, Spanyol.

Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer mengatakan penentuan jadwal MotoGP Mandalika 2021 belum bisa diputuskan karena Sirkuit Mandalika masih dalam proses pembangunan.

Sumber: Antara

Baca Juga: Mandalika Siap Gelar MotoGP 2021, Tiket Dijual November 2019

"Kemungkinan baru akan selesai akhir 2020. Penentuan jadwal untuk musim 2021 juga baru akan ditentukan sekitar Agustus 2020," ujarnya.

Menuai Banyak Pujian

Pada kesempatan itu, Abdulbar menunjukkan perkembangan persiapan Sirkuit Mandalika. Melalui tampilan layout, desain serta pembangunan sisi-sisi lain, sirkuit yang direncanakan selesai tepat waktu.

"Ini adalah sirkuit jalan raya pertama di dunia yang paling dekat dengan pantai, dan kami meyakini para pembalap akan menyukai sirkuit ini," kata Abdulbar.

Abdulbar menambahkan, pembangunan Sirkuit Mandalika berawal dari obsesi. Ia meyakini Mandalika bagaikan permata yang belum digosok. Dirinya menyampaikan terima kasih kepada pihak Dorna selaku penyelenggara MotoGp yang telah mempercayai Indonesia untuk menggelar MotoGp. Abdulbar mengatakan, pihaknya telah melakukan tanda tangan bersama Dorna untuk kalender MotoGp 2021-2025 di sirkuit Mandalika.

Foto: Istimewa

Ungkapan yang sama dilontarkan Carlos Ezpeleta. Ia memuji sirkuit Mandalika, serta tidak sabaran untuk menanti hasil akhir pembangunan Mandalika.

"Tracknya sangat bagus, kami sudah lihat desainnya dan sudah melakukan kunjungan kesana. Saya rasa bila MotoGp nanti sudah digelar di Mandalika, para pembalap akan ingin berlama-lama di Mandalika karena keindahannya," kata Carlos sambil tertawa.

Legenda MotoGp asal Australia, Mick Doohan bahkan memberikan komentar yang menggelitik tentang sirkuit Mandalika.

"Saya khawatir kepada pembalap. Khawatir karena mereka akan terpesona dengan pantai, dan lupa bahwa mereka sedang balapan, hahaha," ucapnya.

BACA JUGA: Cek BIOGRAFI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait