Munas PMI ke-21 Akan Dibuka Wapres Ma’ruf Amin | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Indozone

Munas PMI ke-21 Akan Dibuka Wapres Ma’ruf Amin

Ceknricek.com -- Palang Merah Indonesia (PMI) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke-21 di Jakarta, Senin (16/12). Munas merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi organisasi yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali oleh PMI. 

Menurut Ketua Penyelenggara Munas PMI Sasongko Tedjo, Munas PMI akan digelar sampai 18 Desember 2019. "Munas XXI ini mengangkat tema 'Kerja Bersama untuk Kemanusiaan' yang artinya PMI bekerja sama dengan pemerintah, pihak swasta dan masyarakat untuk melakukan tugas-tugas kemanusiaan," katanya, seperti dikutip dari Antara, Minggu (15/12).  

Sasongko mengatakan, di munas ini PMI akan membahas pokok-pokok kebijakan rencana strategis periode 2019-2024 sesuai dengan amanat UU Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan UU Kepalangmerahan. 

"Pada munas ada beberapa agenda. Selain menentukan kepengurusan PMI 2019-2024 juga akan membahas kebijakan, program kerja, kegiatan dan lain sebagainya," ujarnya.

Baca Juga: PMI Bantu Massa yang Terkena Gas Air Mata dan Peluru Karet di KS Tubun

Agenda utama munas adalah pemilihan Ketua Umum PMI Pusat beserta kepengurusan periode 2019-2024. Saat ini Ketua Umum PMI adalah Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia (2004-2009, 2014-2019).

Dalam acara tersebut, JK akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban periode kedua kepengurusannya periode 2014-2019. JK mungkin akan bertemu Ma'ruf Amin karena menurut Sasongko munas tersebut akan dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

Munas PMI rencananya akan diikuti 800-an peserta, baik pengurus PMI di tingkat provinsi, kabupaten, atau kota. Akan hadir pula perwakilan dari International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies atau Federasi Internasional Palang Merah (IFRC), International Committee of the Red Cross atau Bulan Sabit Merah, Komite Internasional Palang Merah (ICRC) serta tamu undangan lainnya.

BACA JUGA: Cek HEADLINE Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait