Foto: Agus Suparto - Fotografer Presiden

Naik Ontel di Bandung Lautan Sepeda, Jokowi Pakai Baju Ala Bung Tomo

Ceknricek.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas acara Gowes Bandung Lautan Sepeda di Gedung Sate, Kota Bandung, Barat. Acara bersepeda bersama warga Bandung ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November 2018 oleh Kodam III/Siliwangi.

Tidak hanya membuka acara, Jokowi juga turut ikut mengayuh sepeda ontel dengan memakai seragam pahlawan nasional Bung Tomo. Turut mendampingi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sosial Agus Gumiwang, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Diiringi pula oleh Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Pangliman TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Gowes Bandung Lautan Sepeda pagi hari ini saya nyatakan diberangkatkan!" seru Jokowi sambil mengibarkan bendera start, Sabtu (10/11).

Jokowi menjelaskan alasannya menggunakan kostum pahlawan dalam kesempatan ini.

“Ini kan Hari Pahlawan, 10 November. Jadi suasan di tahun-tahun ’45 di masa-masa perjuangan. Suasana itu yang kita munculkan. Itulah kenapa saya pakai pakaian ini,” ungkap Jokowi di Gedung Sate, Bandung.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan alasannya memilih sepeda ontel. Ia memilih sepeda ontel yang tidak berat saat digowes.

“Sepedanya memang dipilihkan beberapa, tapi saya pilih yang paling enteng, tapi memang sepeda lama,” katanya.

Saat menggowes sepeda tua itu, Jokowi merasa cukup tegang karena kontur jalanan yang naik turun tetapi sepedanya tidak memiliki rem.

“Memang engga ada rem. Tadi saya agak minggir, agak groginya di situ, remnnya. Engga ada remnya, paling-paling nanti kalau misalnya jalannya menurun tajam itu tadi saya tubrukan trotoar supaya berhenti,” kelakar Jokowi sambil terkekeh.

Tidak hanya itu, ada kelucuan lain yang ditunjukkan Pak Presiden. Ia merogoh tas kecil yang dikenakannya. Lalu ia mengeluarkan sebuah pistol mainan berwarna perak dan bergaya seperti para pejuang yang akan berperang.

“Ini lihat ada pistol,” katanya yang disambut tawa oleh wartawan yang hadir.

Jokowi kemudian memasukkan kembali pistol itu dalam tasnya. Salah satu awak media bertanya terkait pistol itu.

“Bahaya itu ya, Pak?” Tanya wartawan

Jokowi sambil tertawa menjawab bahwa pistolnya hanya digunakan sebagai pelengkap baju pejuang, bukan untuk menakut-nakuti.

“Nanti dipikir nakut-nakuti,” ucap Jokowi.

Acara bersepeda santai ini diikuti sekitar 25.000 peserta warga Bandung dan sekitarnya. Peserta mengayuh sepeda melalui jalan sepanjang 13 kilometer. Dengan titik awal dan selesai di Gedung Sate.

Sebelum membuka acara Gowes Bandung Lautan Sepeda, Jokowi memimpin upacara Hari  Pahlawan yang digelar di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung.