Najwa Shihab: Rutin Membaca Dapat Sembuhkan Jiwa | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Najwa Shihab: Rutin Membaca Dapat Sembuhkan Jiwa

Ceknricek.com -- Duta Baca Indonesia Najwa Shihab menyatakan bahwa membaca memilii banyak manfaat. Selain sebagai terapi, membaca menurut Najwa disebut juga bisa menyembuhkan jiwa.  

“Di Yunani Kuno, perpustakaan zaman dulu di depannya itu tulisannya, “Healing Place for the Soul”. Artinya apa? Perpustakaan menjadi tempat untuk menyembuhkan jiwa,” ungkap Najwa Shihab dalam acara Talkshow Gemar Membaca bersama Duta baca Indonesia, di Semarang, Jumat (22/11) dilansir dari Perpusnas.

Menurut jurnalis dan presenter yang akrab dipanggil dengan Nana ini, bahkan para tentara perang yang pulang dari perang pun melakukan terapi membaca untuk mengurangi beban psikologis mereka.

“Tentara-tentara di AS, ketika pulang perang dunia, dan mereka stres karena perang, apa resep yang diberikan oleh psikiater? Bibliografi, baca buku. Orang-orang yang stres disarankan membaca buku untuk menyembuhkan jiwa,” tutur pendiri Narasi TV ini.

Foto: Akurat.co

Baca Juga: Curahan Hati Najwa Shihab

Selain mengajak masyarakat untuk mulai gemar membaca, anak dari mantan Menteri Agama Kabinet Pembangunan VII, Quraish Shihab ini juga mengajak anak Indonesia untuk melatih kebiasaan membaca buku setiap hari. Menurutnya, membaca bukan hanya sekdar kemampuan mengeja, tapi meraih makna dari bahan bacaan.

“Dipikir kalau bisa mengeja, itu otomatis bisa membaca dan suka baca. Padahal kemampuan untuk merangkai huruf itu berbeda, jauh sekali dengan skill kita untuk meraih makna dari bahan bacaan. Itu yang kerap kali kita lihat, anak-anak kita kalau dites di tingkat internasional, usia 6-7 tahun ketika dites kemampuan membacanya, relatif bisa bersaing dengan anak-anak dari negara-negara lain," ujar Najwa.

"Karena yang dites hanya kemampuan membaca, mengeja. Tapi ketika dites beberapa tahun kemudian, selalu di bawah rata-rata, di bawah standar, karena yang diuji kemampuan memahami bahan bacaan. Dan inilah yang terkadang kita kurang,” lanjut perempuan berusia 42 tahun itu.

Lebih lanjut, ia juga membeberkan hasil penelitian di Amerika Serikat yang menunjukkan ragam manfaat membaca yakni dapat membuat tidur lebih nyenyak, tidak mudah pikun, dan membuat panjang umur. 

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait