Pahami Lebih Dalam Soal Long COVID dan Gejalanya | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Ilustrasi (freepik)

Pahami Lebih Dalam Soal Long COVID dan Gejalanya

Ceknricek.com -- Selama pandemi COVID-19 masih berlangsung, beragam fenomena penyerta baru pun muncul yang salah satunya adalah fenomena long covid. Fenomena yang satu ini lebih mengarah pada gejala-gejala yang dialami pasien pasca-infeksi COVID-19.

Sebelumnya WHO telah mengumumkan tentang perlunya orang-orang yang terinfeksi virus ini untuk melakukan isolasi selama 10 hari. Karena COVID-19 memang umumnya bisa hilang dari tubuh dalam jangka waktu tersebut. Namun, pada kenyataannya tubuh yang telah terinfeksi COVID-19 tak bisa disembuhkan secepat dan semudah itu. Ada laporan bahwa pasien yang telah dinyatakan sembuh ternyata masih merasakan efek infeksi yang bertahan atau masih merasakan gejala penyakit yang berkepanjangan dalam tubuhnya. Nah, inilah yang dimaksud dengan Long Covid.

Klik video untuk tahu lebih banyak - SOSIALISASI 3M DARI VINA PANDUWINATA

Adapaun gejala-gejala yang timbul dari long covid  yaitu gejala umum seperti sakit kepala, nyeri otot, pegal-pegal, dan lain sebagainya. Selain itu, ada pula gejala psikis yang timbul karena berkaitan dengan pengalaman psikis yang dialami pasien selama sakit. Hal ini menyebabkan gangguan pada kualitas hidup seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Kini telah banyak himbauan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh menjadi lebih sehat agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk COVID-19. Dikutip ceknricek.com dari berbagai sumber, COVID-19 memang tak hanya menginfeksi paru-paru, tetapi juga menekan sistem imun manusia. Virus akan berkembang, menyebabkan peningkatan sitokin yang besar, atau disebut sebagai badai sitokin (reaksi berlebih sistem kekebalan tubuh), dan mengakibatkan peradangan. Dari pola tersebut, besar kemungkinan bahwa gejala long covid bisa tetap ada lantaran sistem imun belum benar-benar pulih.

Baca juga: Panduan Menggunakan dan Mencuci Masker dari WHO untuk Cegah Penularan Covid-19



Berita Terkait