Foto : detiknews

Pemprov DKI Jakarta Antisipasi Monkeypox Lewat Edukasi Pencegahan

Ceknricek.com -- Masyarakat di Tanah Air sedang dihebohkan dengan virus cacar monyet atau monkeypox. Pemprov DKI Jakarta menyiapkan langkah preventif dan antisipasi mewabahnya penyakit yang baru-baru ini ditemukan di Singapura.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti meminta manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan seluruh Puskesmas di ibu kota untuk memberi edukasi atau pendidikan pencegahan kepada warga agar tak terjangkit penyakit tersebut.

"Sejauh ini kami memberikan info ke semua rumah sakit yang RSUD kami dan Puskesmas, edukasinya seperti pencegahannya," kata dia, Rabu (15/5). Menurut dia, langkah itu merupakan solusi terbaik untuk mencegah datangnya virus cacar monyet.

Sumber: Okezone News

"Makanya kami membuat info ke semua rumah sakit, antisipasi seandainya ditemukan itu sudah bisa ditangani," katanya.

Dinkes DKI belum menemukan ada warga di Jakarta yang terjangkit cacar monyet.

Widyastuti berharap, ada pengawasan yang ketat bagi warga yang masuk ke Jakarta dari luar negeri untuk mengantisipasi tersebarnya monkeypox.

Cacar monyet adalah penyakit langka yang disebabkan oleh virus yang ditularkan dari hewan ke manusia. Ini terjadi ketika seseorang melakukan kontak dekat dengan hewan yang terinfeksi seperti tikus. Penyakit awalnya terjangkit di Afrika bagian tengah dan barat, dan kini muncul di Singapura.



Berita Terkait