Pengurus Pusat JMSI Dikukuhkan Hari Ini | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Pengurus Pusat JMSI Dikukuhkan Hari Ini

Ceknricek.com -- Pengurus Pusat Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) dikukuhkan siang ini Senin, (25/11/20) di Hall Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Pengukuhan dilakukan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Politisi Partai Golkar ini berharap, JMSI bisa memerangi berita berita hoax, yang menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat.

JMSI adalah organisasi perusahan pers yang memiliki visi menjadikan perusahan pers anggota JMSI tumbuh sebagai perusahaan profesional dan terdaftar di Dewan Pers.

JMSI didirikan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada 8 Februari lalu di sela Hari Pers Nasional (HPN) 2020. Pada akhir bulan Juni dalam Musyawarah Nasional pertama, Teguh Santosa terpilih sebagai ketua umum secara aklamasi. Sebelumnya ia adalah Ketua JMSI DKI Jakarta sejak JMSI didirikan.

Pengurus Pusat JMSI Dikukuhkan Hari Ini
Sumber: Istimewa

Dalam pengukuhan yang dilakukan ketua MPR, Teguh Santosa didampingi Sekjen Mahmud Marhaba.

“Kami baru bisa melaksanakan pengukuhan hari ini. Hal ini karena situasi pendemi Covid-19 yang melanda negara kita dan seluruh dunia,” ujar Sekjen JMSI Mahmud Marhaba.

Selain Ketua MPR RI, JMSI juga mengundang pimpinan organisasi wartawan, baik Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), maupun Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Pewarta Foto Indonesia (PFI).

JMSI telah mendaftarkan diri untuk menjadi konstituen Dewan Pers pada bulan Oktober lalu. Kini JMSI telah berada di 29 provinsi di Indonesia.

Selain pengukuhan, di hari yang sama juga digelar Rapat Pleno Pengurus Pusat dengan melibatkan Pengurus Daerah JMSI untuk mensinkronkan program JMSI Pusat dan Daerah.

“Rapat Pleno ini membahas program janga pendek, menengah dan panjang, serta membahas beberapa agenda penting lainnya terkait dengan HUT pertama JMSI nanti,” kata Mahmud lagi.

Hal penting lain yang juga bakal dibahas usai pengukuhan adalah terkait dengan persiapan verifikasi Pengurus Daerah JMSI dan anggota JMSI sebagai perusahaan pers profesional yang akan dilakukan oleh Dewan Pers.

Baca juga: Unitomo Kolaborasi JMSI Jatim Ajukan Jadi Lembaga Penguji UKW

Baca juga: Stanley: Dewan Pers Hanya Tangani Laporan Bagi Media Yang Terdaftar, Ini Tanggapan Sekjen JMSI



Berita Terkait