Foto: Ashar/Ceknricek.com

Polisi: Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan Berstatus Pelajar

Ceknricek.com -- Mabes Polri mengungkap identitas pelaku tunggal ledakan bom di Polrestabes Medan. Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, dari sidik jari yang ditemukan di tempat kejadian perkara (TKP), polisi menyebut, pelaku bernama Rabbial Muslim Nasution (RMN).

"Dari sidik jari itu Inafis berhasil mengidentifikasi pelaku. Pelaku ini atas nama inisial RMN usia 24 tahun," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo, dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (13/11).

Dedi menyebut, pemuda yang lahir di Medan, Sumatera Utara, 11 Agustus 1995 itu berstatus pelajar atau mahasiswa. Dugaan sementara pelaku melakukan aksi bom bunuh diri itu sendiri (lone wolf) atau tanpa terlibat jaringan teroris manapun. Ia memastikan bahwa pelaku bukanlah driver ojek online. "Itu penyamarannya. Statusnya mahasiswa atau pelajar," ujar Brigjen Dedi.

Foto: Ashar/Ceknricek.com

Dari hasil olah TKP, tim Labfor dan Densus 88 mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya, baterai 9 volt, pelat besi, sejumlah paku dengan berbagai ukuran, irisan kabel, beberapa potongan kabel cukup besar, tombol switch on/off dan sebuah sepeda motor yang dicurigai milik pelaku.

Baca Juga: Kronologi Ledakan Bom Bunuh Diri di Polresta Medan

Tim kepolisian juga mengumpulkan potongan tubuh pelaku untuk memperkuat identifikasi terkait identitas pelaku dengan melakukan tes DNA. Meski demikian, Dedi menambahkan, hingga saat ini polisi masih terus bekerja untuk mengumpulkan bukti-bukti.

Foto: Ashar/Ceknricek.com

"Untuk Densus 88 terus mendalami (rekaman) CCTV, masih terus akan mendalami uji dari Inafis, Labfor dan Biddokes untuk DNA. Tim masih bekerja di lapangan," imbuh Brigjen Dedi.

Rumah RMN langsung digeledah oleh petugas kepolisian. Pantauan Antara, di lokasi rumah terduga berinisial R, Jalan Jangka Gang Tentram No. 89B, Kelurahan Sei Putih Barat, Kecamatan Medan Petisah, Medan, petugas membawa tiga perempuan dan satu laki-laki.

Mereka dibawa sekitar pukul 13.30 WIB, dengan mengendarai mobil Innova berwarna silver dengan nomor polisi BK 44 REG. "Yang satu itu bibinya, yang lainnya kurang tahu juga saya," kata seorang warga.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait