PPKM Darurat, Mendagri Minta Kepala Daerah Turun ke Lapangan | Cek&Ricek astra-satu-untuk-indonesia
Sumber: Istimewa

PPKM Darurat, Mendagri Minta Kepala Daerah Turun ke Lapangan

Ceknricek.com—Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta kepala daerah hadir di lapangan saat PPKM Darurat diberlakukan di wilayah di luar Pulau Jawa dan Bali, 12-20 Juli 2021. Hal itu dikatakan Tito, saat konferensi pers Penerapan PPKM Darurat di luar Jawa-Bali, Jum’at (9/7/21). Menurut Tito, kehadiran kepala daerah juga merupakan arahan dari Presiden Jokowi.

Tito menerangkan, kepala daerah bisa muncul saat sosialisi PPKM Darurat di wilayahnya. Selain itu juga bisa hadir ketika bertemu dengan para ketua asosiasi dan berdialog dengan mereka. Di situ, para kelapa daerah bisa menerangkan mana sektor essensial, mana sektor kritikal dan mana sektor non essensial.

“Jadi nanti tidak multi tafsir,”kata Tito.

Kepala daerah juga bisa melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lapangan. Tito juga minta bantuan media untuk meliput aksi sidak para bupati,walikota dan gubernur, sehingga terlihat gerakan mereka. Hal ini untuk memberi  efek getar terhadap mereka yang coba coba mau melanggar.

“Kami sudah sampaikan ke kepada para kepala daerah entah itu bupati,walikota maupun gubernur agar ada kekompakan. Mereka harus satu visi melaksanakan instruksi saya yang segera akan saya rilis,”pungkas Mendagri.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait