Foto: Doc. Kemenpar

Presiden Jokowi Hadiri Hari Belanja Diskon Indonesia di Senayan City

Ceknricek.com -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu negara Iriana Jokowi menghadiri Acara Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2019 bertempat di The Hall, Senayan City, Kamis (15/8).

Presiden mengaku senang melihat banyaknya produk lokal yang dipamerkan. Ia menekankan agar merek-merek lokal Indonesia bisa menguasai pasar dalam negeri, mengingat Indonesia sendiri merupakan pasar yang sangat besar.

“Kita tahu pasar Indonesia ini gede sekali, pasar kita ini besar sekali. Jangan sampai pasar yang ada, yang besar ini, dikuasai oleh merek-merek luar. Jangan sampai. Saya titip ini. Tugas bapak dan ibu sekalian adalah mengisi pasar-pasar yang ada sehingga barang luar mau masuk sudah penuh,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan resmi Kemenpar, Kamis (15/8).

Foto: Doc. Kemenpar

Baca Juga: Presiden Jokowi Gelar Lomba Potret Merdeka

Presiden juga ingin agar ruang-ruang strategis di mal atau pusat perbelanjaan diprioritaskan untuk diberikan kepada merek-merek lokal, bukan untuk merek-merek dari luar negeri. Menurutnya, merek-merek lokal Indonesia tidak kalah kualitasnya dengan merek-merek dari luar negeri.

Presiden memberikan contoh di Australia, dimana produk-produk dalam negeri mereka selalu ditempatkan di posisi paling depan di sebuah mal.

“Di Australia seperti itu. Di Australia itu cara mainnya seperti itu, produk-produk dalam negeri taruh di paling depan kalau ada mal. Kenapa kita enggak tiru strategi-strategi yang bagus seperti itu?” kata President Jokowi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Kominfo Rudiantara, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Ketua Umum HIPPINDO Budiharjo Iduansjah dan Waktum Apindo Shinta Widjaja Kamdani.

Foto: Doc. Kemenpar

Sebagai informasi, tahun ini, Acara Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2019 mengambil tema "Parade Merek Lokal Indonesia" dan "Merah Putih Fun". Tema ini bertujuan untuk memprakarsai ide Indonesia Brand Go Global yang menjadi sarana dan ruang untuk melejitkan merek lokal di kancah international.

Dalam acara tersebut, terdapat beberapa parade merek lokal Indonesia yang menampilkan puluhan produk dengan yang membanggakan Indonesia dan tentu siap untuk di promosikan di tingkat dunia untuk mendukung pendapatan devisa negara.

Acara yang di selenggarakan okeh HIPPINDO ini merupakan persembahan para pelaku usaha ritel untuk indonesia yang lebih unggul. Hal ini mengingat bahwa industri ritel mampu menjadi salah satu amunisi bangsa untuk berprestasi bukan hanya di negeri sendiri, melainkan juga di manca negara melalui ekspor produk bermerek lokal di Indonesia.

BACA JUGA: Cek Berita FILM & MUSIK, Informasi Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 



Berita Terkait