Foto: Dok. Pribadi

Reuni Artis Legendaris Indonesia

Ceknricek.com—Rocker legendaris Ahmad Albar menghentak malam itu dengan lagu legendarisnya, “Panggung Sandiwara”. Masya Allah. Tiada perubahan berarti dalam tampilan maupun vokal sang rocker yang sudah berusia 72 tahun itu. Tetap sama seperti dulu, saat ia pertama kali melantunkan lagu ciptaan musisi Ian Antono tersebut—lebih tiga puluh tahun lalu. Suaranya tetap merdu, meliuk dan menekuk dinginnya malam. Di atas bukit, di kawasan Bogor, lebih 1.000 meter di atas permukaan laut.

Lagu itu dinyanyikan Sang Rocker di depan sejawatnya dalam reuni artis yang pernah populer di era 70-90-an, Selasa (18/12) malam. Tempatnya di ruang serba guna “Poeti Mountain Resort”, desa Pamijahan, Gunung Salak Endah, Bogor, Jawa Barat. Resor itu milik aktor Harry Capri. Dia jugalah yang menginisiasi reuni. Mengundang rekan-rekannya yang boleh disebut sebagian besar pernah merajai dunia perfilman Indonesia. Mereka: Robby Sugara, Eva Arnas, Deddy Mizwar, El Manik, Rina Hassim, Dana Christina, Baby Zilvia, Tetty Liez Indriyati, Hengky Tornando, Ahmad Nugraha, Camelia Malik, Mark Sungkar, Boy Tirayoh, August Melaz, Soultan Saladin, dan Conny Sutedja untuk menyebut beberapa nama. Ada juga produser film Firman Bintang, Zairin Zain. Acara itu bertajuk “ Reuni Artis Tangkiwood Zaman Now”.

Reuni itu, sesuai undangan Harry, berlangsung tiga hari 17 s/d 19 Desember. Waktunya cukup leluasa untuk silaturahmi, kangen-kangenan, berbagi cerita dan kenangan sesama insan film.

Benar saja. Biarpun satu professi, nyatanya ada yang baru bertemu kembali setelah dua puluh tahun putus kontak. Robby Sugara, misalnya. Aktor yang pernah masuk golongan “The Big Fives”, lima artis berhonor paling mahal di era tahun 80-an. Ia sudah lama menarik diri dari dunia film karena terjun dalam dunia usaha.

Suasana guyub

Acara nyanyi itu diiringi organ tunggal dengan panggung ditata sederhana tanpa level. Sengaja dibuat begitu untuk menguatkan tujuan suasana guyub.
Selain Ahmad Albar, aktor August Melaz, Boy Tirayoh, Robby Sugara, Mark Sungkar, Camelia Malik, dan Dana Christina juga tampil menyemarakkan menyemarakkan acara reuni. Diseling cerita-cerita kenangan di masa lalu.

Artis laga Dana Christina istimewa. Bikin suprise. Ia menyentak dengan "The Greates of Love", lagu yang dipopulerkan Whitney Houston. Camelia Malik juga menyentak ketika menyanyikan lagunya “Rekayasa Cinta” yang dulu amat populer. Ia juga masih sanggup bergerak meliuk.

Nama Puteri Harry

Poeti — nama resor itu mengabadikan nama puteri Harry Capri yang berusia tiga tahun. Hasil perkawinannya empat tahun lalu dengan Ajeng Ayuningtyas Wahyu. Dari Ajeng, Harry memperoleh dua anak. Anak keduanya, baru berusia lima bulan.

Resor itu berada di kawasan wisata Gunung Salak Endah, 84 km dari Jakarta. Di atas lahan 6,5 Ha, berisi 14 bungalow dengan varian kamar dari studio hingga villa 5 kamar. Fasilitas lengkap, termasuk area wisata alam. Diresmikan sejak delapan bulan lalu, resor itu kini termasuk daerah tujuan wisata favorit. Dari ketinggian 1000 meter dpl, membuat udaranya amat dingin dengan pemandangan gunung, lembah dan kota bogor di sekeliling.

Kembali ke acara reuni. Biarpun berlangsung tiga hari, tetapi rasanya keakraban itu terlalu cepat berlalu. Tak heran jika banyak yang mengusulkan supaya acara reuni dibuat rutin sekali dalam dua atau tiga bulan. Tempat dan tuan rumahnya bisa secara bergiliran, dan tentu saja pesertanya bisa lebih banyak.Untuk mendapatkan suasana seperti masa - masa indah FFI dulu. Yang rutin diselenggarakan sekali setahun di berbagai pelosok tanah air. Setuju?