Foto: Pemprov DKI Jakarta

Satgas TPB Karhutla DKI Bangun Ruang Kelas Tahan Asap

Ceknricek.com -- Selain memadamkan titik api, Satuan Tugas Terpadu Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas TPB Karhutla) DKI Jakarta juga melakukan pembangunan ruang kelas tahan asap. Pembuatan ruang kelas tersebut setidaknya direalisasikan di tiga sekolah di Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Adapun ketiga sekolah tersebut yakni, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Satu Atap Sungai Gelam III,  SMPN Satu Atap Petaling, serta Sekolah Dasar Negeri (SDN) 241/IX Kemtopo.

Dalam keterangannya, Jumat (27/9), anggota Satgas TPB Karhutla DKI yang merupakan konseptor ruang kelas aman asap dari Fakultas Matematika Pengetahuan Alam (MIPA) Institut Teknologi Bandung, Zeily Nurahman mengatakan, tujuan dibuatnya ruang kelas aman asap ini untuk mengedukasi masyarakaat setempat dan tenaga pengajar agar memahami mekanisme pembuatan ruang kelas tahan asap. 

"Pada tahun tahun 2015, konsep ini juga pernah diterapkan di Sekolah Dasar Negeri 181/IV Kota Jambi. Kami sengaja hadir untuk memberikan pengarahan proses pembuatan ruang kelas tahan asap," ujar Zeily.

Menurutnya, ruang kelas aman asap ini juga bisa diterapkan di wilayah darurat bencana seperti bencana gunung meletus dan sekolah yang lokasinya dekat dengan pertambangan batu bara. 

Ia menambahkan, bagi sekolah-sekolah yang ingin menerapkan konsep serupa bisa langsung mempelajarinya melalui website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

"Ke depan kami berharap konsep ini menjadi kearifan lokal karena juga bisa diaplikasikan di rumah-rumah di wilayah rawan karhutla. Tapi, tentunya kami juga berharap tidak ada lagi kebakaran hutan di Indonesia," tandasnya. 

Baca Juga: Satgas TPB Karhutla DKI Mulai Tangani Pemadaman Api di Jambi

Sebagai informasi sebelumnya, Satgas TPB Karhutla DKI Jakarta telah menyelesaikan pembuatan ruang kelas tahan asap di empat sekolah di Kota Jambi, Provinsi Jambi.

Masing-masing ruang kelas dilengkapi tiga buah kipas angin, satu blower fan, empat exhaust dan satu gulung dakron untuk mencegah asap masuk. Tidak hanya itu,ruang kelas tahan adap juga dilengkapi dengan satu set aquarium dan empat buah tanaman anti polutan untuk menambah estetika di ruang kelas. 

Posko Layanan Kesehatan

Satgas TPB Karhutla Provinsi DKI Jakarta juga memberikan layanan kesehatan gratis bagi warga di Desa Pematang Araman, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. 

Koordinator Regu Kesehatan Satgas TPB Karhutla DKI, Rahmad Yulianto mengatakan, layanan kesehatan gratis itu melibatkan spesialis paru-paru, anak, dan dokter umum dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta. "Selain pemeriksaan medis, masyarakat juga dibagikan obat, dan vitamin gratis," ujarnya, Rabu (25/9).

Foto: Pemprov DKI Jakarta

Rahmad menjelaskan, layanan kesehatan diberikan di Kantor Desa, serta posko pengungsian di desa Pematang Araman. Mereka juga melakukan layanan keliling dari rumah ke rumah sekaligus membagikan masker kepada warga setempat. Layanan kesehatan gratis tersebut telah menjangkau sebanyak 200 warga setempat.

"Bagi warga yang terkena infeksi penafasan akan dirujuk ke Puskesmas Desa Puding Kecamatan Kumpeh untuk dilakukan penguapan. Sebab, di sana kita sudah mendirikan rumah oksigen bersama pihak Dinkes Kabupaten Muaro Jambi," ungkapnya.

Layanan kesehatan juga akan menjangkau lima desa lainnya di Kecamatan Kumpeh. Masing-masing Desa Sungai Bungur, Petanang, Betung, Mekar Sari, dan Desa Pulau Mentaro. "Semoga semua warga yang membutuhkan layanan kesehatan bisa terfasilitasi dengan optimal," ucapnya.

BACA JUGA: Cek HUKUM, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait