Sehari Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres, MPR Gelar Gladi Resik | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Sehari Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres, MPR Gelar Gladi Resik

Ceknricek.com -- Sehari jelang (H-1) pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menggelar gladi bersih pelantikan di Gedung MPR-DPR-DPD RI, Jakarta, Sabtu, (19/10). Berdasarkan pantauan Ceknricek.comgladi bersih pelantikan presiden dan wapres dimulai pukul 14.30 WIB yang seluruhnya diperagakan oleh para staf Sekretariat Jenderal MPR RI.

Para peraga juga memakai selempang bertuliskan peran masing-masing, mulai presiden, wapres, ketua MPR, wakil ketua MPR, istri presiden, istri wapres, rohaniwan, hingga pembaca doa. Sosok Presiden RI Joko Widodo diperagakan oleh Muhamad Jaya, Kepala Bagian Pemberitaan Hubungan Antarlembaga dan Layanan Informasi MPR RI.

Sehari Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres, MPR Gelar Gladi Resik
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Kemudian, Kasubag Penyusunan Program Lembaga Pengkajian MPR Endang Sapari memerankan Wapres Jusuf Kalla, sementara Wapres terpilih KH Ma'ruf Amin diperankan oleh Rindra Budi Priyatmo selaku Kasubag Dukungan Pelaksanaan Lembaga Pengkajian MPR. Gladi bersih dimulai dengan kedatangan presiden, wapres, dan wapres terpilih di ruang sidang, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Sehari Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres, MPR Gelar Gladi Resik
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Baca Juga: Belasan Mercy Untuk Tamu Negara Sewaan Rp1 Miliar

Rangkaian acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Ketua MPR, didampingi para pimpinan MPR yang sudah duduk di mimbar. Ketua MPR kemudian menyampaikan sambutan sidang dengan agenda tunggal pelantikan Presiden dan Wakil RI periode 2019-2024. Setelah itu, agenda berlanjut dengan pengucapan sumpah presiden dan wapres terpilih secara bergantian, didampingi rohaniwan.

Kemudian, penandatanganan berita acara pelantikan oleh Presiden dan Wapres, serta para pimpinan MPR RI secara bergantian. Berita acara pelantikan kemudian diserahkan oleh pimpinan MPR RI kepada Presiden dan Wapres.

Sehari Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres, MPR Gelar Gladi Resik
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Presiden menyampaikan pidato pertama, setelah itu dilanjutkan pembacaan doa oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta sebelum menutup rangkaian pelantikan presiden dan wapres. Gladi bersih pelantikan presiden dan wapres secara resmi ditutup oleh Ketua MPR RI, ditandai menyanyikan kembali lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Presiden, wapres, beserta istri kemudian melaksanakan sesi foto bersama dan menerima ucapan selamat dari para delegasi negara sahabat dan presiden pendahulu. Rangkaian acara ini juga yang akan berlangsung pada pelantikan besok.

BACA JUGA: Cek Berita AKTIVITAS PRESIDEN, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.  


Editor: Thomas Rizal


Berita Terkait