Tekan Penyebaran COVID-19, Program 3T Akan Diintensifkan | Cek&Ricek
Foto: Ilustrasi pemeriksaan COVID-19 (Dok/Istimewa)

Tekan Penyebaran COVID-19, Program 3T Akan Diintensifkan

Ceknricek.com -- Penanganan COVID-19 tidak hanya mengandalkan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. Ada unsur lain yang tak kalah penting yakni 3T, tes, telusur dan tindak lanjut.

Program 3T bertujuan untuk mempercepat deteksi COVID-19 kemudian ditangani lebih lanjut sehingga perawatannya lebih cepat dilakukan.

Terkait 3T Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Purbalingga Sarwa Pramana dalam keterangannya di Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (30/11/20) menegaskan pihaknya akan mengintensifkan 3T seiring penambahan kasus COVID-19 di wilayah tersebut.

“Pelaksanaan 3T harus diintensifkan mengingat jumlah kasus COVID-19 di Purbalingga sudah mencapai lebih dari 1.000 kasus,” ujarnya.

Lebih lanjut Sarwa menjelaskan pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi terkait penambahan kasus COVID-19 di Purbalingga.

“Dari rapat tersebut diketahui bahwa pemberlakukan jam malam tidak akan dilakukan namun pelaksanaan 3T dan sosialisasi protokol kesehatan akan main diintensifkan lagi,” tambahnya.

Klik video untuk tahu lebih banyak - SOSIALISASI 3M DARI EKO PATRIO

Ia berharap dengan pelaksanaan 3T yang makin intensif dan dengan penerapan protokol kesehatan yang terus diperkuat maka penyebaran COVID-19 dapat ditekan.

“Jadikan protokol kesehatan sebagai kebutuhan, sebagai gaya hidup agara kita semua dapat terlindung dari kemungkinan paparan COVID-19,” ujarnya.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono menyatakan pihaknya terus berupaya menekan jumlah kasus COVID-19 dengan menggencarkan tes dan meningkatkan kampanye protokol kesehatan.

“Kami terus berupaya menekan penambahan kasus COVID-19 dengan menggencarkan program 3T, Kendati demikian penerapan program 3T juga perlu didukung dengan penerapan 3M di tengah masyarakat yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak,” jelasnya.

Atas dasar itu, Hanung mengajak masyarakat untuk terus memperkuat disiplin penerapan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19.

“Mari kita bersama-sama memperkuat penerapan protokol kesehatan dan 3M demi kebaikan kita bersama dan demi menekan penambahan kasus COVID-19 di wilayah ini, mari lindungi diri dan lindungi orang-orang terdekat kita,” pungkasnya.

Baca juga: 

Baca juga: 


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait