Tiba tiba Mundur, Berapa Gaji PM Selandia Baru? | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Istimewa

Tiba tiba Mundur, Berapa Gaji PM Selandia Baru?

Ceknricek.com-- Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern mengumumkan pengunduran diri menjelang pemilu selanjutnya di negara tersebut. Dengan begitu dirinya tidak akan lagi menjabat sebagai PM setelah masa kerjannya kali ini berakhir.

Hal ini sebagaimana yang dikatakan Ardern saat berbicara dalam sebuah konferensi pers. Diketahui bahwa masa jabatannya akan berakhir secara resmi pada 7 Februari mendatang.
Ardern menyebut beberapa tahun terakhir menjadi masa-masa sulit baginya sebagai seorang PM, dan menyatakan bahwa dirinya hanyalah manusia dan perlu mundur dari pekerjaannya.

Memiliki beban kerja yang berat hingga "kapok" menjabat, memang berapa sih besaran gaji PM Selandia Baru?
Perlu diketahui bahwa besaran gaji PM Selandia Baru dan anggota kabinet belum mengalami perubahan selama 5 tahun terakhir. Meski demikian, besaran gaji mereka dinilai merupakan yang terbesar di antara para pemimpin dunia lainnya.

Di Selandia Baru, besaran gaji anggota parlemen ditetapkan oleh badan Otoritas Remunerasi. Instansi ini juga bertugas untuk menetapkan tunjangan dasar bagi para anggota parlemen dan menentukan upah pensiun mereka.
Jumlah remunerasi atau gaji bervariasi tergantung pada jabatan yang diduduki oleh setiap anggota parlemen, seperti Perdana Menteri (PM), menteri, pembicara, dan pemimpin oposisi.
Melansir dari media asal Selandia Baru, Newshub, dikatakan bahwa besaran gaji Perdana Menteri mereka saat ini sebesar NZ$ 471.049 per tahun atau sekitar Rp 4,56 miliar (kurs Rp 9.700/dolar Selandia Baru).
Dengan kata lain, Jacinda Ardern selaku PM Selandia Baru dapat mengantongi besaran gaji hingga Rp 380,76 juta per bulan. Karenanya tidak heran bila dirinya merupakan salah satu pemimpin dunia dengan besaran gaji tertinggi.
Namun perlu diketahui bahwa sejak 2020 kemarin, saat pandemi mulai mempengaruhi kondisi ekonomi negeri Kiwi tersebut, para menteri, anggota kabinet, serta Jacinda Ardern selaku PM sendiri secara sukarela memotong besaran gaji yang mereka terima hingga 20%.
Karenanya besaran gaji yang diterima oleh PM Selandia Baru Jacinda Ardern selama menjabat sebagai PM mungkin kurang dari Rp 380 juta per bulannya.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait