Tim SAR Berhasil Evakuasi Korban Tambang Longsor di Parigi Moutong | Cek&Ricek
Ilustrasi: Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah korban dari timbunan longsor tambang emas ilegal di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Kamis (25/2/21). ANTARA/Moh Ridwan

Tim SAR Berhasil Evakuasi Korban Tambang Longsor di Parigi Moutong

Ceknricek.com -- Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi satu korban yang tertimbun longsor di lokasi tambang emas di Desa Buranga, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Senin.

"Iya, tim SAR sudah menemukan jenazah korban pada hari keenam operasi di lapangan," kata Pejabat Humas Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Palu, Fatmawati, Senin (1/3/21) ditupp dari Antara.

Dia mengemukakan dengan ditemukanya satu jenazah itu maka korban meninggal dunia berjumlah tujuh orang. Sementara 16 orang dinyatakan selamat dari peristiwa longsor yang terjadi pada Rabu (24/2).

Jenazah korban ditemukan Senin sekitar pukul 13.35 Wita, di mana sebelum penemuan jasad, tim SAR gabungan lebih dulu menemukan potongan tubuh milik korban berjarak sekitar 10 meter yang hanya berselang beberapa saat.

"Kegiatan pencarian mengerahkan tiga alat berat jenis ekskavator termasuk alat penyedot air, karena di lubang tersebut banyak air bercampur lumpur," ujar Fatmawati.

Setelah evakuasi, jenazah dilarikan ke pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Ampibabo menggunakan mobil ambulans milik Polres Parigi Moutong untuk identifikasi.

"Basarnas telah melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat, setelah proses identifikasi selesai, jenazah korban lalu diserahkan kepada pihak keluarga untuk proses pemakaman," kata Fatmawati.

Dia mengungkap, saat ini meraka tengah berkoordinasi dengan sejumlah oihak apakah akan melanjutkan ioperasi pencarian atau menutupnya.

"Saat ini Basarnas sedang melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait, apakah operasi tetap dilanjutkan atau ditutup," kata Fatmawati.

Sebelumnya, pada Sabtu (27/2/21) tim SAR gabungan menemukan potongan tubuh korban saat penggalian menggunakan alat berat yang jaraknya tidak jauh dari penemuan jasad penambang.

Operasi pencarian per hari ini melibatkan sekitar 108 unsur SAR yakni Polres Parigi Moutong sejumlah 60 personel, Tagana Parigi dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng.

Baca juga: Puluhan Penambang Emas Ilegal di Parigi Moutong Tertimbun Longsor

Baca juga: Tim SAR  Temukan Bagian Tubuh Korban Longsor Tambang Emas Ilegal di Moutong Sulteng


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait