Tinjau Venue PON di Papua, Bamsoet: Tonggak Baru Pembangunan Papua Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Dok.Ceknricek.com

Tinjau Venue PON di Papua, Bamsoet: Tonggak Baru Pembangunan Papua Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila

Ceknricek.com -- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menilai dijadikannya Papua sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 20 Oktober - 2 November 2020, merupakan tonggak baru sejarah pembangunan Papua dengan mengedepankan nilai-nilai Pancasila. Khususnya dalam mengimplementasikan sila ke-3 Persatuan Indonesia dan sila ke-5 Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

"Sebagai tuan rumah, akan banyak pembangunan yang dikonsentrasikan di Papua. Penyelenggaraannya juga memberikan multiplier effect terhadap peningkatan ekonomi dan sosial masyarakat Papua. Karena pada prinsipnya, olahraga, budaya, dan pariwisata adalah tiga hal yang tak bisa dipisahkan. Ketiganya akan bermuara kepada peningkatan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat Papua pasti bisa memanfaatkan momentum PON ini dengan menjadi tuan rumah yang baik, dengan didukung seluruh elemen bangsa," ujar Bamsoet saat meninjau pembangunan Stadion Utama Papua Bangkit, di Jayapura, Papua, Selasa (3/3/20).

Mantan Ketua DPR RI 2014-2019 ini menjelaskan, Jayapura merupakan daerah kedua yang didatangi dalam rangkaian kunjungan kerja pimpinan MPR RI, DPR RI, dan DPD RI ke Papua. Setelah sebelumnya rombongan mengunjungi Wamena untuk berdialog dengan Forkopimda Jayawijaya, sekaligus meninjau pembangunan rumah khusus korban kerusuhan Wamena.

Tinjau Venue PON di Papua, Bamsoet: Tonggak Baru Pembangunan Papua Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila
Foto: Dok.Ceknricek.com

Turut hadir Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat, Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Wakil Ketua DPD RI Sultan Najamudin, Ketua Forum Komunikasi dan Aspirasi MPR RI untuk Papua/MPR FOR PAPUA Yorrys Raweyai, serta para anggota DPR RI dan DPD RI Dapil Papua dan Papua Barat. Hadir pula Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal dan Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw. 

Baca juga: Kunjungi Papua, Bamsoet: Ini Wujud Solidaritas

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini meyakini siapapun akan takjub tatkala melihat kemegahan Stadion Utama Papua Bangkit. Terasa sekali aura kebesaran masyarakat Papua yang kaya dengan keindahan alam dan budaya. Stadion ini menjadi landmark terbaru kebangkitan Papua untuk menjadi daerah yang semakin maju, sejahtera, adil, dan makmur.

Tinjau Venue PON di Papua, Bamsoet: Tonggak Baru Pembangunan Papua Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila
Foto: Dok.Ceknricek.com

"Pembangunan stadion maupun venue olahraga lainnya di Papua bukanlah sekadar membangun benda mati. Dari pembangunan fasilitas olahraga inilah diharapkan dapat melahirkan lebih banyak lagi anak-anak Papua yang mampu menjadi atlet nasional. Berbagai fasilitas olahraga yang sudah dibangun ini harus dirawat dengan bijak oleh masyarakat. Karena pembangunannya juga menggunakan uang rakyat yang bersumber dari APBN maupun APBD," tutur Bamsoet. 

Ketua MPR RI ini menambahkan, tak seperti dahulu dimana kesejahteraan atlet sangat memprihatinkan, di masa kini atlet bisa punya pendapatan yang menjanjikan. Selain mensejahterakan, menjadi atlet juga bisa membuat harum bangsa.  

"Hanya dua hal yang bisa membuat bendera merah putih dikibarkan sambil lagu Indonesia Raya di kumandangkan di negara lain, yakni kunjungan resmi kepala negara serta atlet yang memenangkan kejuaraan. Dari Papua kita menaruh harapan lahirnya para atlet membanggakan," tandas Bamsoet.

BACA JUGA: Cek JURNALISTIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait