Tips Aman Masuk Kerja Selama Pandemi Corona | Cek&Ricek astra-satu-untuk-indonesia
Sumber: Istimewa

Tips Aman Masuk Kerja Selama Pandemi Corona

Ceknricek.com—PPKM Mandiri mengatur secara ketat jumlah pegawai kantor saat pandemik. Agar Anda terhindar dari penyebaran virus corona selama bekerja di kantor, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Wajib pakai masker
Memakai masker jadi salah satu benda wajib yang harus kenakan. Beredarnya varian Delta, membuat pemakaian masker dobel jadi dianjurkan.

2.Hindari menyentuh barang di tempat umum
Tanpa sadar, Anda kerap menyentuh barang atau benda-benda di tempat umum seperti tombol lift, gagang pintu atau pegangan tangga. Sebaiknya menghindari menyentuh benda-benda ini semisal membuka pintu tanpa memegang gagangnya tetapi didorong dengan siku. Begitu juga sebaiknya Anda rajin membersihkan keyboard komputer, mouse, hingga pesawat telepon yang digunakan untuk bekerja dengan tisu basah. Ponsel pun tak boleh luput dari aktivitas bersih-bersih ini.
3. Bekali diri dengan hand sanitizer
Sediakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen. Namun upayakan untuk rajin mencuci tangan setidaknya tiap empat jam sekali. Mengapa? Kadang orang merasa tangan dalam keadaan bersih tetapi cuci tangan memastikan tak ada kuman atau virus menempel.

Infografis Istimewa

4. Cuci tangan dan ganti pakaian
Biasanya kantor bakal menerapkan serangkaian protokol kesehatan mulai dari sebelum Anda masuk gedung kantor. Namun Anda tetap wajib mencuci tangan sampai di kantor. Tak ada salahnya juga menyediakan pakaian ganti sehingga ada jaminan Anda tidak membawa polutan dari jalanan atau tempat umum menuju ruang kerja.
5. Jaga jarak dengan rekan kerja
Perhatikan jarak dengan rekan kerja. Setidaknya, Anda mengambil jarak 1,5 sampai 2 meter sesuai anjuran WHO. Hindari situasi yang memungkinkan ada banyak orang berkumpul semisal antre toilet atau dalam lift. Biasanya kantor menyediakan denah lokasi berdiri agar jarak terpantau dan tidak saling berhadapan.
6. Perhatikan asupan makanan
Harus selalu memperhatikan asupan makanan yang bernutrisi lengkap. Selain itu juga cukup istirahat, olahraga dan cukup asupan cairan. Untuk kebutuhan cairan jika dicermati kebutuhan tiap orang akan berbeda menyesuaikan jenis kelamin, berat badan, juga aktivitas. Hanya saja, rata-rata kebutuhan cairan untuk laki-laki sebanyak 2,5-2,7 liter sedangkan perempuan sebanyak 2,2-2,5 liter. Sepulang kerja, tetap terapkan protokol kesehatan dengan cuci tangan, mandi lalu ganti baju. Juga diannjurkan untuk mencuci rambut agar kuman atau virus yang bisa menempel di rambut hilang.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait