Sumber Foto: FaktualNews.co

Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula

Ceknricek.com – Mendaki gunung merupakan kegiatan alam yang menyenangkan untuk menguji mental serta tenaga yang kita miliki. Medan yang cukup menantang serta memacu adrenaline memiliki cerita tersendiri bagi para pendaki.

Tak hanya menikmati alam, mendaki gunung dipercaya dapat membuat otak kita kembali segar, dikarenakan ketika mendaki kita akan bersatu dengan alam, otak kita akan merespon hal tersebut dengan hal-hal positif. 

Pengalaman mendaki gunung bisa menjadi cerita yang unik untuk teman ataupun anak kita kelak. Namun ternyata mendaki gunung tidak bisa sembarangan, ada banyak hal yang perlu kita ketahui, terutama bagi pemula, berikut ulasan mengenai tips yang harus dipersiapkan sebelum mendaki gunung !


  1. Olahraga

Mendaki gunung memerlukan tenaga yang ekstra serta stamina yang prima, maka dari itu olahraga merupakan hal penting bagi para pendaki pemula sebelum melakukan pendakian.

Persiapkan fisik yang kuat, terutama otot kaki serta keseimbangan tubuh. Otot kaki sangat penting sebagai penopang badan kita. Rutin berolahraga agar kita terhindar dari cidera pada saat mendaki gunung.

 

  1. Pelajari Medan Pendakian

Hal ini dilakukan agar kita tahu medan pendakian yang akan kita tuju seperti apa, kita bisa mengetahuinya melalui media internet seperti Youtube ataupun Google. Pahami tentang bagaimana tentang cara pijakan kaki yang tepat, agar terhindar dari bahaya pada saat mendaki. 

Selain itu kita perlu tahu tentang situasi gunung yang kita tuju, perhatikan kondisi status gunung, pastikan gunung aman untuk kita tuju. Jangan berani ambil risiko yang dapat mengakibatkan kejadian fatal. Selalu update berita tentang kondisi gunung tersebut.

 

  1. Jangan Malu Untuk Istirahat

Jangan sungkan untuk beristirahat, hal ini bukan hanya dilakukan para pemula, namun semua pendaki wajib untuk tahu tentang hal ini.

Jangan paksakan tubuh ketika lelah, pastikan kondisi tubuh tetap fit saat berada di track pendakian. Hal ini dilakukan agar dapat mengontrol stamina serta konsentrasi kita saat mendaki, jangan sampai hal tersebut kita abaikan, sehingga membahayakan diri sendiri.


  1. Jangan Mengeluh

Bagi para pemula mendaki untuk pertama kali merupakan tantangan yang sangat penuh dengan rintangan yang berat. Rasa lelah yang terus menghantui diri kita membuat kita akan mudah terpengaruh oleh kondisi sekitar.

Jangan mudah mengeluh pada saat mendaki, fokuskan pandangan pada hal positif, nikmati suasana sekitar hingga berhasil mencapai puncak gunung. Seperti pepatah berkata “bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”.

 

  1. Bawa Barang Penting

Berbeda dengan liburan yang biasanya, mendaki gunung bukan perkara yang mudah, membawa beban pada punggung, serta berjalan pada track yang tak beraturan menjadi tantangan berat. 

Pastikan bawa barang yang penting saja, jangan terlalu banyak barang bawaan yang dibawa. Utamakan perlengkapan pendakian, dari tas hingga sleeping bag, kemudian obat-obatan pribadi. Bawa makanan sesuai kapasitas dan waktu pendakian, pastikan makanan cukup selama berada di gunung, dan terpenting keselamatan diri masing-masing. Karena tujuan terpenting dari mendaki gunung yakni bisa selamat sampai kembali kerumah.



Berita Terkait