UI dan BNPB Terbitkan Buku 'Pengalaman Indonesia dalam Menangani Wabah Covid-19' | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

UI dan BNPB Terbitkan Buku 'Pengalaman Indonesia dalam Menangani Wabah Covid-19'

Ceknricek.com -- Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulang Bencana (BNPB) menerbitkan buku "Pengalaman Indonesia dalam Menangani Wabah Covid-19,” karya Prof Dra Fatma Lestari, MSi PhD dan kawan-kawan, pada Rabu (19/8/20).

Prof  Fatma yang juga menjabat sebagai Ketua Disaster Risk Reduction Center (DRRC) UI menjelaskan buku tersebut dikemas dalam tiga judul tulisan yang didasarkan pada wawancara dengan narasumber dan policy makers dari instansi terkait, serta telaah kepustakaan.

"Buku ini berisi kumpulan informasi dan pandangan dari sejumlah narasumber tentang perkembangan pandemi Covid-19 dan cara penanggulangannya di berbagai wilayah di Indonesia serta beberapa negara yang dinilai sukses melakukan penanggulangan, seperti Selandia Baru, Vietnam, Malaysia, Jerman, dan Korea Selatan, " kata Prof Fatma dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (19/8/2020).

UI dan BNPB Terbitkan Buku 'Pengalaman Indonesia dalam Menangani Wabah Covid-19'
Sumber: Istimewa

Menurut Fatma, judul pertama pada buku itu sendiri difokuskan pada pembahasan penanganan Covid-19 di level nasional. Judul kedua difokuskan pada penanganan Covid-19 di 17 provinsi dan beberapa negara lain (internasional), kemudian judul ketiga meliputi pembahasan penanganan Covid-19 di 17 provinsi lain.

Fatma menyebut kehadiran buku itu juga menjadi relevan karena hampir semua negara, termasuk Indonesia berjuang keras menghadapi pandemi Covid-19 dan mengalami efek serius pada bidang kesehatan, ekonomi, sosial, dan politik.

Baca juga: Bamsoet Gandeng ILUNI UI Review Berbagai Produk UU

“Buku ini diharapkan dapat dibaca oleh berbagai pihak yang terkait dalam penanggulangan Covid-19 baik dalam kapasitas individu maupun organisasi. Bagi masyarakat, buku ini bermanfaat dalam menambah wawasan dan pemahaman tentang berbagai kondisi dan langkah-langkah yang dilakukan oleh berbagai daerah dan negara dalam menanggulangi pandemi Covid-19,” tambahnya.

UI dan BNPB Terbitkan Buku 'Pengalaman Indonesia dalam Menangani Wabah Covid-19'
Sumber: Istimewa

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo dalam sambutan kata pengantar buku mengatakan,BNPB yang ditunjuk Presiden RI sebagai koordinator Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Indonesia juga berupaya dengan sekuat tenaga akan memberdayakan kemampuan
anak bangsa untuk menangani pandemi.

“B­uku ini diharapkan dapat menjadi sumber rujukan berbagai pemangku kepentingan di Indonesia dalam menangani dampak yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19. Untuk tingkat lintas negara, melalui buku ini kami berharap dapat menunjukkan kepada dunia apa yang dilakukan Indonesia dalam penanganan pandemi,” tandas Doni Monardo.

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait