Wabah Virus Covid-19 Meluas, Festival Film Cannes Ditunda | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Festival de cannes

Wabah Virus Covid-19 Meluas, Festival Film Cannes Ditunda

Ceknricek.com -- Pandemi virus korona atau Covid-19 yang meluas di seluruh diunia membuat Festival Film Cannes yang rencananya dihelat pada 12-23 Mei ditunda penyelenggaraannya.

”Karena krisis kesehatan dan perkembangan situasi di Prancis dan internasional Festival de Cannes tak dapat lagi dihelat pada 12-23 Mei seperti yang sudah direncanakan," cuit pihak penyelenggara lewat akun Twitter pada Kamis (19/3).

Mengenai waktu kapan akan diselenggrakannya kembali festival itu setelah penundaan, sejumlah opsi diusulkan agar festival tetap berjalan, salah satunya adalah ditunda sampai Juni atau Juli dengan dipimpin oleh Spike Lee.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: Festival Film Cannes Pertama Kali Diselenggarakan

Sebelumnya kabar penundaan festival itu sudah beredar sejak 8 Maret saat Prancis melarang adanya perkumpulan massa dan keramaian.

Sebagaiman dilansir dari Antara Kamis (20/3) Perancis membatasi hanya 1.000 orang berkumpul guna mencegah tersebarnya virus korona. Itu jauh lebih dari sedikit yang dibutuhkan untuk terselenggaranya festival film.

Wabah Virus Covid-19 Meluas, Festival Film Cannes Ditunda
Sumber: Twitter @festival_cannes

Pada Sabtu, (14/3) Le Point, majalah Prancis menulis soal pembatalan Cannes namun dibantah oleh penyelenggara.

"Meskipun ada beberapa berita utama yang sensasional, tidak ada yang baru untuk dikatakan," kata Aïda Belloulid, juru bicara festival, dalam pesan teks pada saat itu.

Baca juga: Virus Covid-19 Meningkat, Festival Film Beijing Ditunda

Aïda mengatakan keputusan akan dibuat pada pertengahan April ketika program festival akan diumumkan, tetapi situasi di Perancis telah meningkat.

Pernyataan Cannes muncul setelah beberapa acara budaya besar lainnya di Eropa membuat perhitungan serupa dengan pandemi dalam beberapa hari terakhir.

Negara itu kini sekarang sedang "lockdown", dan orang-orang dapat didenda karena meninggalkan rumah mereka dengan alasan selain membeli makanan, bepergian untuk bekerja atau berolahraga.

Lebih dari 4.000 orang didenda pada hari Rabu lalu, menurut France24, kantor berita internasional milik negara setempat.

Pada hari Rabu, (18/3) Kontes Lagu Eurovision dibatalkan, seperti Glastonbury, festival musik Inggris, yang dimaksudkan untuk merayakan tahun ke-50.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait