Warga Korsel Dinyatakan Positif Korona setelah Kunjungi Thailand | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Reuters

Warga Korsel Dinyatakan Positif Korona setelah Kunjungi Thailand

Ceknricek.com -- Seorang perempuan warga negara Korea Selatan dinyatakan positif mengidap virus korona setelah ia berkunjung ke Thailand beberapa waktu lalu kata pejabat Korsel, Selasa (4/2).

Kasus yang menimpa perempuan berusia 42 tahun itu merupakan kasus pertama yang berkaitan dengan wisatawan asing yang dilaporkan tertular setelah berkunjung ke sebuah negara di Asia tenggara.

"Ada kemungkinan, karena virus itu sudah menyebar di dalam negeri di Thailand," kata Tanarak Plipat, deputi direktur jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Thailand sebagaimana diwartakan Reuters.

Sebelumnya perempuan itu disebut sebagai Pasien 16, terbang kembali ke Korea Selatan pada 19 Januari setelah bepergian ke Thailand, demikian diungkapkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) dalam sebuah pernyataan.

Namun, kendati sudah dirawat sejak menggigil dan menunjukkan beberapa gejala lainnya pada 25 Januari, perempuan itu kondisinya hingga Minggu (2/2) belum meningkat, kata KCDC, dan ia pada Selasa (4/2) waktu setempat dipastikan mengidap virus tersebut.

Baca Juga: Gugur Harga Virus Korona

Pernyataan itu tidak secara spesifik menepis kemungkinan bahwa pasien itu pernah berkunjung ke China. Direktur KCDC Jeon Eun-kyeong menolak menjelaskan lebih lanjut.

Hingga saat ini Thailand telah melaporkan 19 kasus virus korona, yang termasuk jumlah tertinggi di luar China.

Negeri Gajah Putih itu memastikan ada kasus pertama penularan virus dari manusia ke manusia di negara itu pada Jumat (31/1), yakni ketika seorang sopir taksi dinyatakan positif tertular.

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait