Waspada Covid-19, Margasatwa Ragunan Perpanjang Penutupan hingga 5 April 2020 | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Antara

Waspada Covid-19, Margasatwa Ragunan Perpanjang Penutupan hingga 5 April 2020

Ceknricek.com -- Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Taman Margasatwa Ragunan memperpanjang masa penutupan sementara sampai 5 April 2020 dalam rangka mencegah potensi penularan virus korona baru atau Covid-19.

"Sesuai arahan Gubernur DKI, kami juga memperpanjang masa penutupan, dari tanggal 30 Maret sampai dengan 5 April (surat edaran BKD)," kata Kepala Satuan Pelaksana Promosi Ragunan Ketut Widarsono di Jakarta, Sabtu (28/3).

Diketahui, Ragunan telah menutup sementara operasional selama kurang lebih dua pekan pada 14-30 Maret 2020. Sejak awal ditutup ditambah masa perpanjangan, total tiga pekan lamanya Ragunan ditutup sementara.

Upaya ini diharapkan dapat membantu pemerintah mengurangi laju penyebaran virus korona di tempat keramaian. Setelah tanggal 5 April, pihaknya akan mengevaluasi dengan melihat perkembangan situasi terkini terkait virus korona.

Baca juga: Cegah Covid-19, Objek Wisata di Bantul Tutup hingga 31 Maret 2020

Sebelumnya Pmprov DKI Jakarta pada Jumat (27/3) memperpanjang penutupan destinasi wisata dan tempat hiburan yang mereka kelola selama dua pekan, yaitu mulai 30 Maret - 12 April 2020.

Waspada Covid-19, Margasatwa Ragunan Perpanjang Penutupan hingga 5 April 2020
Sumber: Inews.id

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, beralasan penutupan destinasi wisata kali ini diperpanjang dengan melihat perkembangan terkini penyebaran wabah Covid-19 di Jakarta.

"Melalui berbagai pertimbangan, kami juga akan menutup tiga destinasi tambahan yang sebelumnya masih beroperasi. Selama proses penutupan berlangsung, akan terus dilakukan pemantauan," ujar Cucu.

Dia mengatakan langkah tersebut diambil untuk meminimalkan kegiatan warga di ruang-ruang terbuka yang dapat memicu interaksi fisik secara langsung dan kerumunan.

Baca juga: Anies Baswedan: Ragunan Janjikan TMR Ragunan Jadi Kebun Binatang Terbaik di Dunia

Adapun rincian destinasi wisata yang ditutup, antara lain Kawasan Monas, Ancol, Kawasan Kota Tua, Taman Margasatwa Ragunan, Anjungan DKI di TMII, Taman Ismail Marzuki, PBB Setu Babakan, Rumah Si Pitung dan Pulau Onrust.

Kemudian Museum Sejarah Jakarta, Museum Prasasti, Museum MH. Thamrin, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Tekstil, Museum Wayang, Museum Bahari, dan Museum Joang '45. 

Serta, tiga destinasi tambahan yang akan ditutup adalah Lab Tari dan Karawitan Condet, Pulau Cipir, dan Pulau Kelor. (Ant)

BACA JUGA: Cek SOSOK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait