Wow, Harga Semen di Ilaga Papua Rp2 Juta per Sak | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Wikipedia

Wow, Harga Semen di Ilaga Papua Rp2 Juta per Sak

Ceknricek.com -- Sulit dipercaya tapi nyata. Akibat ketiadaan sarana transportasi dan fasilitas angkutan darat ke Kecamatan Ilaga, Papua, membuat harga berbagai komoditas di wilayah Kabupaten Puncak itu menjadi serba mahal. Harga satu sak semen bahkan mencapai Rp2 juta.

Informasi itu disampaikan Bupati Puncak Willem Wandik kepada Antara, di Ilaga, Provinsi Papua, Sabtu (21/12). "Kehidupan di sini sangat mahal bahkan lima kali lipat dari Surabaya (Jawa Timur)," katanya.

Bupati Willem Wandik menjelaskan satu-satunya sarana transportasi yang bisa digunakan dari dan ke Ilaga untuk mengangkut penumpang dan barang hanyalah pesawat terbang.

"Ini yang membuat masyarakat Ilaga tidak bisa menikmati kehidupannya dengan bebas. Karena itu, kami terus mendorong pemerintah pusat untuk membangun jalan darat untuk membebaskan masyarakat Ilaga dari keterisolasian," katanya.

Ia menjelaskan masyarakat di Ilaga rata-rata bekerja sebagai petani, namun semua perlengkapan pertanian dan lain-lain hanya bisa didapatkan di daerah terdekat, dengan pesawat dari Kabupaten Timika.

Sumber: Antara

Baca Juga: MPR Serahkan Surat Keputusan Pembentukan FOR PAPUA

Berdasarkan pantauan Antara, pesawat perintis lazim digunakan masyarakat sebagai transportasi umum. Geografis yang berbukit-bukit membuat jalan darat pun belum bisa dibangun, atau setidaknya membutuhkan anggaran yang besar untuk membangun.

Harga makanan tergolong tinggi, satu porsi mie instan bisa mencapai Rp30.000. Kemudian empat jerigen minyak goreng dihargai senilai Rp800.000. Waduh.

Ubi adalah salah satu jenis produk pertanian yang paling banyak diproduksi. Kemudian untuk peternakan, masyarakat lokal mayoritas beternak babi.

Satu ekor babi besar dihargai senilai Rp30 juta. Ilaga merupakan Ibu kota kabupaten tertinggi di Indonesia. Dengan daerah pegunungan tersebut, udara sehari-hari di Ilaga cukup dingin. Bahkan, kondisi suhu udara malam Ilaga bisa mencapai 7 derajat celcius. 

BACA JUGA: Cek HEADLINE Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait