Foto: dapurocha

Yuk Cobain 10 Makanan Khas Betawi Berikut!

Ceknricek.com -- Indonesia kaya akan sumber daya alam yang mampu menarik perhatian para wisatawan mancanegara. Tidak hanya terkenal dengan adat, budaya, dan alam yang indah. Namun, Indonesia sebagai negara kepulauan juga populer dengan aneka makanan khas daerah yang memiliki cita rasa tinggi dan nama yang unik.

Makanan khas Betawi merupakan salah satu jenis makanan khas yang cukup terkenal di tanah air, tepatnya di ibu kota Jakarta. Suku dan masyarakat Betawi bukan hanya mampu menjadikan dirinya sebagai primadona dan pusat perhatian dengan ondel ondel dan budaya unik. Akan tetapi, terdapat ragam makanan khas yang dijadikan andalan untuk membuat orang orang betah dengan suku yang satu ini.

Makanan Khas Betawi

Di bawah ini, setidaknya ada 10 jenis makanan khas Betawi dengan cita rasa sempurna yang wajib anda coba. Yuk simak ulasan berikut:

1. Kerak Telor

Makanan Khas Betawi Kerak Telor
Sumber: dapurkobe

Siapa yang tidak kenal dengan kerak telor? Makanan khas suku Betawi yang satu ini sangat populer dan mendapatkan peringkat paling atas di antara makanan khusus Betawi lainnya. Kuliner yang satu ini juga menjadi andalan suku Betawi untuk menarik pengunjung luar Indonesia dan merupakan kuliner khas daerah paling diincar oleh para pelancong.
Makanan khas Betawi yang menyerupai martabak dengan isi yang berbeda. Kerak telor di masak menggunakan tungku memakai cetakan khusus. Kerak telor akan membuat anda merasakan sensasi lain saat pertama kali mendaratkannya di lidah anda.

2. Es Doger

Makanan Khas Betawi Es Doger
Sumber: timesindonesia

Jalan jalan di beberapa tempat wisata di kawasan Jakarta pada siang hari tentu saja akan membuat kalian merasa gerah dan haus. Nah, mencoba untuk menyantap minuman sekaligus makanan khas Betawi berupa es doger adalah solusi paling tepat untuk menghilangkan rasa lelah. Es yang berisi campuran antara mutiara, ketan hitam, tape, roti dan tambahan es akan menjadikan anda semangat kembali untuk menjelajahi semua objek wisata di Jakarta.

3. Nasi Ulam

Makanan Khas Betawi Nasi Ulam
Sumber: Genpi


Selain nasi uduk, suku dan masyarakat Betawi juga masih memiliki makanan khas andalan yang ditawarkan untuk anda sebagai pendatang baru ke kawasan Jakarta. Yakni nasi ulam, sebagai salah satu kuliner khas Indonesia yang telah mendapat pengaruh dan rona baru dari budaya China. Nasi ini memang menjadi kuliner paling dicari oleh setiap pelancong yang berwisata ke Jakarta. Kini, nasi ulam bisa anda temukan di beberapa daerah tanah air.

Nasi ulam sendiri sebagai makanan khas Betawi adalah sajian yang memakai nasi pera. Selanjutnya, mendapatkan siraman semur kentang atau semur tahu, bahkan bisa dengan semu telur. Hal menariknya lainnya, kelezatan nasi ulam akan semakin bertambah dengan makanan pelengkap seperti bihun goreng, telur dadar, perkedel, cumi asin goreng hingga bawang goreng dan kerupuk. Semua ini dilakukan tidak lain dan tidak bukan ialah untuk menambah nafsu makan Anda.

4. Roti Buaya

Makanan Khas Betawi Roti Buaya
Sumber: qraved

Bagaimana rasanya ketika Anda mendengar roti buaya? Pasti Anda akan langsung membayangkan roti berbentuk buaya dengan ukuran besar dan mengerikannya, bukan?
Salah! Roti buaya adalah salah satu kuliner khas Betawi berbentuk hewan bernama buaya dengan ukuran tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Kalau anda berkunjung ke pusat Jakarta, maka jangan lupa untuk mencicipi roti enak ini atau membelinya untuk dibawa pulang sebagai kenang kenangan.

5. Nasi Uduk

Makanan Khas Betawi Nasi Uduk
Sumber :craftlog


Makanan khas Betawi yang kini sudah menyebar ke seluruh penjuru negeri adalah nasi uduk. Olahan nasi lemak dikemas dan disajikan dengan tambahan ayam goreng, terong, tempe, tahu, timun, lele, hingga menciptakan porsi kenyang bagi anda saat menyantap. Kuliner khas Betawi ini terkenal dengan cita rasa nasi gurihnya yang begitu lezat dan enak di mulut. Tentu saja sudah pernah mencicipinya di tempat tinggal anda, bukan?

6. Ketoprak

Makanan Khas Betawi Ketoprak

Sumber: fimela


Siapa yang tidak mengenal ketoprak? Makanan khas Betawi atau bahkan kuline khas negara Indonesia selalu saja bisa anda temui di kedai kedai pinggir jalan hingga di restoran restoran mewah. Ketoprak sendiri adalah jenis makanan yang diolah dari ketupat atau lontong, bihun, toge, tahu dan sambal kacang. Jika anda ingin, anda bisa menambahkan kerupuk atau pun bawang goreng untuk menjadikan sensasi makan anda jadi lebih baik.

7. Soto Betawi

Makanan Khas Betawi Soto Betawi
Sumber: romadecade


Pada peringkat ke tujuh, terdapat soto Betawi yang cukup populer dan merupakan makanan khas Indonesia yang sudah dikenal sejak dulu. Hingga sekarang, makanan berkuah ini masih tetap eksis dan mendapat posisi di hati para warga tanah air meskipun telah hadir banyak makanan baru yang lebih kebarat baratan.

Soto Betawi sendiri adalah salah satu dari sekian banyak kuliner soto di Indonesia. Olahan makanan khas ini diproses dengan menggunakan daging sapi, tomat, kentang, dan kuah santan yang cukup lezat dinikmati dengan nasi putih hangat. Soto Betawi akan menjadikan makan siang anda jadi terasa nikmat dan lezat. Penasaran ingin mencoba?

8. Asinan Betawi

Makanan Khas Betawi Asinan Betawi
Sumber: resepnusantara


Makanan khas Betawi yang tidak kalah menarik dengan cita rasa lezat adalah asinan Betawi. Asinan yang disajikan dalam sebuah piring dengan campuran sayuran, kacang goreng, kerupuk, cabai, cuka, lalu disiram dengan saus kacang yang mampu menghadirkan rasa gurih dan nikmat.
Asinan tidak hanya bisa anda dapatkan dari kota Bandung atau pun kota Bogor. Namun, asinan juga bisa anda temukan saat berkunjung ke Jakarta sebagai salah satu kuliner khas Betawi. Bentuk unik dan rasa menarik dari asinan Betawi akan membuat anda banggan menjadi bagian dari suku bangsa Indonesia yang kaya akan makanan khas dari setiap daerah. Apakah anda tertarik untuk mencoba sensasi dari asinan Betawi?

9. Gado Gado

Makanan Khas Betawi Gado-gado
Sumber: idntimes


Gado gado bukan hanya dikenal sebagai makanan khas Betawi, namun makanan yang satu ini juga sangat identik dengan budaya Indonesia sendiri. Gado gado biasa atau di dunia barat dikenal dengan salad, adalah kuliner campuran yang terdiri atas lontong, sayur, ketupat, dan lainnya dengan disiram saus kacang dan tambahan bawang goren. Gado gado sendiri bisa anda jadikan sebagai sarapan, makan siang atau pun makan malam. Kuliner bergizi ini pastinya akan meningkatkan nafsu dan mengganjal rasa lapar di perut anda.

10. Semur Jengkol

Makanan Khas Betawi Semur Jengkol
Sumber: resepmasakanindonesia


Indonesia sepertinya memang kaya akan wisata kuliner khas dengan cita rasa tinggi. Semur jengkol adalah salah satu jenis makanan asli Indonesia yang setiap orang Indonesia akan mencarinya bahkan saat ke luar negeri sekali pun. Makanan khas ini berasal dari Betawi ini diproses dengan cara disemur, jika anda berkunjung ke salah satu orang Betawi, maka pasti anda akan disuguhkan dengan semur jengkol dengan tingkat kepedasan berbeda.

Nah, itu tadi 10 makanan khas Betawi yang wajib anda cobain ketika berkunjung ke Jakarta. Namun, kini makanan makanan tersebut telah banyak dijual di beberapa tempat selain Jakarta. Sehingga, akan memudahkan anda untuk menyantap dan mengisi perut dengan salah satu makanan khas di atas.


Editor: Breef


Berita Terkait