Fakta Unik di Bulan Penuh Berkah

Category: Berita -> SOSIAL BUDAYA | Posted date: 2018-06-13 10:00:19 | Updated date: | Posted by: Admin


Ceknricek.com - Tak terasa bulan suci ramadhan akan berlalu, banyak hal yang akan dirindukan di bulan dengan segudang bonus pahala. Kini, kita tinggal menghitung hari menunggu hari kemenangan Idul Fitri yang berarti bulan penuh maaf- maafan, Marhaban Ya R



Ceknricek.com - Tak terasa bulan suci ramadhan akan berlalu, banyak hal yang akan dirindukan di bulan dengan segudang bonus pahala. Kini, kita tinggal menghitung hari menunggu hari kemenangan Idul Fitri yang berarti bulan penuh maaf- maafan, Marhaban Ya Ramadhan.

Beberapa hal yang akan dirindukan di bulan Ramadhan, dan itu tidak akan terjadi di bulan-bulan biasanya, adalah :

Penjual Takjil

Jalanan umum yang biasanya sepi dan terlihat lenggang menjadi ramai seketika di bulan puasa. Banyak orang yang mendadak menjadi pengusaha makanan. Tidak hanya makanan kecil yang dijual sampai lauk pauk pun dijual. Banyak pula makanan yang susah ditemui di hari biasa seperti lemang tape contohnya.

Perubahan Waktu Kerja

Di negara-negara yang memiliki mayoritas umat Islam lebih besar, bulan Ramadan memiliki dampak besar dalam kehidupan mereka sehari-hari. Biasanya, ada pengurangan jam kantor atau sekolah. Para pekerja pulang lebih cepat agar bisa buka puasa bersama dengan keluarga.

Diskon Besar – Besaran

Hampir bisa dipastikan setiap memasuki bulan Ramadhan dari awal sampai akhir, ada diskon-diskon yang menggiurkan di pusat perbelanjaan. Dari mulai toko baju di mall,online, sampe supermarket. Kecuali untuk bahan-bahan makanan, pasti selalu naik.

Buka Bersama

Biasa disingkat Bukber. Pasti selalu ada event bukber di setiap tingkat pertemenan. Entah sekalian reuni SMP, SMA, kuliah, atau ngumpul bareng komunitas dan lain-lain. Tapi, kebanyakan dari itu semua adalah wacana sampai malam takbiran pun bukber belum terlaksana.

Membangunkan Sahur

Tradisi ini mungkin masih terjadi di pedesaan, dan biasanya di lakukan oleh pemuda- pemuda desa menggunakan alat-alat yang ada. Seperti kentongan, galon, tiang listrik, dan lain-lain. Sambil mendengungkan kalimat “sahur... sahur.. ” yang sudah akrab di telinga kita.

Jasa Tukar Uang Receh

Untuk yang satu ini, biasanya muncul ketika bulan Ramadhan akan berakhir. Menyediakan fasilitas tukar uang besar dengan uang receh, mulai pecahan Rp.20.000 , Rp 100.000.

Semoga di bulan Ramadhan ini, kita bisa mendapat amalan yang berkah, dan dapat dipertemukan kembali di bulan Ramadhan berikutnya. Marhaban Ya Ramadhan. (Ulupi Dwi / Reporter ceknricek.com)