Manfaatkan Makanan Sisa, Ronni Khan Selamatkan Jutaan Nyawa

Category: Pengetahuan -> IDE & MASA DEPAN | Posted date: 2018-06-11 05:27:39 | Updated date: | Posted by: Rihat Wiranto


ORANG modern saat ini sering membuat pesta makan-makan dan menyisakan begitu banyak makanan lalu dibuang begitu saja. Di sisi lain, ada jutaan warga yang tak sanggup membeli makanan. Seperti dikutip dari ABC News, Ronni Kahn, warga Australia mempunyai i



Ceknricek.com-ORANG modern saat ini sering membuat pesta makan-makan dan menyisakan begitu banyak makanan lalu dibuang begitu saja. Di sisi lain, ada jutaan warga yang tak sanggup membeli makanan.


Ronni Kahn, warga Australia mempunyai ide sederhana tapi brilian untuk memanfaatkan makanan sisa.


Ia adalah pendiri OzHarvest - salah satu badan penyelamatan makanan terbesar di Australia. Ia  mengumpulkan kelebihan makanan dari berbagai outlet komersial dan mengantarkannya ke lebih dari 1.000 lembaga amal di seluruh Australia.

"Saya akan memulai organisasi penyelamatan makanan kepqfa semua oranh, dan mereka langsung mendukungnya," kata Ronni Kahn.

"Kita semua tahu itu hal yang benar untuk dilakukan. Kita semua telah diberitahu masalah limbah makanan ini.'

Ia tergerak untuk memanfaatkan limbah karena merasa muak dengan begitu banyak manusia membuang makanan mereka.

 

Seperti dikutip dari ABC News, Pemerintah Federal Australia  memperkirakan lebih dari 5,3 juta ton makanan yang masih bisa dimanfaatkan telah dibuang oleh rumah tangga dan sektor komersial setiap tahunnya. Gaya hidup ini membebani ekonomi Australia sebesar 20 miliar dolar Australia per tahun atau Rp200 triliun.

Laporan kelaparan dari FoodBank terbaru menunjukan ada 3,6 juta orang Australia tidak makan secara cukup tahun lalu, dan lebih dari 650.000 orang menerima semacam bantuan makanan setiap bulan.

Pemerintah Federal telah meluncurkan Strategi Limbah Makanan Nasional, yang bertujuan untuk mengurangi separuh limbah pangan di Australia pada tahun 2030.

Sebuah badan independen baru akan dibentuk untuk mempelajari bagaimana teknologi dan pendidikan dapat membantu masalah ini. Pemerintah menggelontorkan $ 1,3 juta telah dijanjikan untuk membuat perubahan terjadi.


Ia menggunakan moto "slip, slop, slap" atau “Lihat. Beli. Simpan.”


Langkah lebih rinci sebagai berikut:

LIHAT apa yang ada di lemari es dan dapur Anda sebelum pergi berbelanja;

BELI hanya apa yang Anda butuhkan. Jadi, buat daftar belanja;

SIMPAN makanan itu dengan benar, agar tidak terlalu cepat busuk.

MASAK sisa makanan.


"Langkahnya sangat sederhana, kita hanya perlu melihat, membeli, menyimpan dan memasak," kata Ronni Kahn.

"Kami akan berbagi cara bagaimana memanfaatkan secara maksimal dan bagaimana masing-masing dari kita semua bisa benar-benar berhemat,” kata Ronni Kahn.