Mudik Aman Ke Kampung Halaman

Category: Berita -> SOSIAL BUDAYA | Posted date: 2018-06-12 12:00:48 | Updated date: | Posted by: Ulupi Dwip


Mudik menjadi ajang silahturahmi yang paling ditunggu saat lebaran tiba. Berkumpul dengan sanak saudara yang jauh menjadi saat yang sangat menyenangkan. Acara mudik harus dipersiapkan sedemikian rupa agar silahturahmi dengan keluarga tidak terganggu. Jang



Ceknricek.com - Mudik menjadi ajang silahturahmi yang paling ditunggu saat lebaran tiba. Berkumpul dengan sanak saudara yang jauh menjadi saat yang sangat menyenangkan. Acara mudik harus dipersiapkan sedemikian rupa agar silahturahmi dengan keluarga tidak terganggu. Jangan sampai perjalanan mudik Anda tidak menyenangkan hanya karena anda kurang perisapan.

Berikut Ceknricek.com akan memberikan beberapa tips untuk Anda yang ingin melepas rindu ke kampung halaman:

Perhatikan Kondisi Rumah

Pastikan saat Anda meninggalkan rumah dalam kondisi aman. Cabut semua saklar dan cabut tabung gas, jangan lupa untuk mengunci semua pintu yang ada untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Dan usahakan untuk menitip kunci cadangan dan nomor telepon Anda ke tetangga, jika terjadi hal yang tidak diinginkan Anda bisa menelpon mereka.

Kondisi Fisik

Hal ini sangatlah penting, karena mudik tidak ditempuh dengan jarak yang dekat, bahkan Anda bisa menghabiskan seharian di perjalanan. Jika Anda melakukan perjalanan saat puasa, perhatikan pola makan saat sahur. Banyak minum air putih, dan protein yang mencukupi.

Kendaraan

Untuk Anda yang ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi, periksalah kondisi kendaraan Anda secara detail kalau perlu dibawa  ke bengkel langganan. Perhatikan rem, aki, ban, wiper, radiator, dan lain-lain. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan alat – alat mobil (tools kit) seperti dongkrak, ban serep, kunci roda, senter, dan kotak P3K yang berisi obat pribadi Anda.

Bekal Makanan

Pastikan membawa bekal makanan yang praktis. Karena dikhawatirkan jika kita makan di warung makanan piring yang digunakan kurang bersih, terlebih di musim mudik ini pastilah banyak tamu yang harus ddlayani dengan cepat. Membawa bekal dari rumah dapat terjamin gizi dan kebersihannya.

Packing Dengan Benar

Selama mudik disarankan untuk membawa barang yang penting saja serta pintar – pintar mengepack barang. Urutkan barang sesuai tingkat kebutuhan. Pisahkan barang yang sering dikeluarkan seperti alat solat, alat makan, dan keperluan membersihkan diri.

Charger

Jangan sampai Anda membawa HP namun lupa membawa charger. Charger menjadi keperluan yang sangat penting ketika Anda melakukan perjalanan jauh. Karena fungsi HP disini sangat berpengaruh untuk perjalanan Anda. Seperti menggunakan GPS.

Waktu Berangkat

Usahakan untuk berangkat di pagi hari, selain untuk menghindari kemacetan,  pandangan Anda juga lebih terjamin.  Di   pagi hari masih banyak tempat – tempat umum, seperti restoran dan lain-lain mudah ditemui.

Berdoa

Dari semua persiapan yang sudah Anda lakukan akan kurang jika tanpa doa. Selamat mudik, selamat berkumpul bersama keluarga dan tetap menjaga kesalamatan Anda, karena ada keluarga yang menunggu di kampung halaman.