Kurma Dambaan Masyarakat Indonesia

Category: BERITA -> SOSIAL BUDAYA | Posted date: 2018-06-12 15:00:28 | Updated date: | Posted by: Ulupi Dwip


Masyarakat Indonesia sangat menyukai kurma, selain banyak manfaatmenyukaidapatkan, buah ini memiliki tautan sejarah dengan Arab. Kurma memiliki ratusan jenis, namun tidak semua kurma menjadi favorit masyarakat.



Ceknricek.com - Masyarakat Indonesia sangat menyukai kurma, selain banyak manfaatmenyukaidapatkan, buah ini memiliki tautan sejarah dengan Arab. Kurma memiliki ratusan jenis, namun tidak semua kurma menjadi favorit masyarakat.

Karena mayoritas masyarakat Indonesia Muslim, kurma pun menjadi buah ‘pencuci mulut’ yang harus ada di meja makan Anda saat lebaran tiba. Ceknricek.com akan mengulas beberapa kurma favoritnya orang Indonesia .

Kurma Halawi

Lidah orang Indonesia sangat menyukai rasa manis. Maka, ketika kurma yang satu ini di impor dari Arab langsung menjadi kesukaan banyak orang. Di Indonesia kurma Halawi biasa disebut dengan kurma Holwah. Halawi sendiri dalam bahasa Arab mengandung arti manis.

Kurma Thuri

Kurma yang satu ini memiliki daging buah yang sangat lengket namun bagian luarnya sangat kering sehingga membuatnya awet atau tahan lama untuk di simpan. Kurma yang populer di Algeria ini berwarna sedikit cokelat kemerahan. Dan kurma ini dikenal memiliki harga yang lebih murah disbanding kurma yang lain.

Kurma Arner Hajj

Di Arab kurma Arner Hajj menjadi sajian utama ketika tamu dating. Memiliki daging buah yang tebal, lembut, serta manis. Kurma ini menjadi salah satu jenis varietas kurma unggulan. Nah, untuk memberi kesan manis terhadap tamu Anda nanti, maka sajikanlah kurma yang satu ini.

Kurma Deglet Noor

Kurma ini adalah alternatif bagi Anda yang tidak terlalu menyukai manis. Kurma yang berwarna kuning keemasan ini merupakan varietas unggul dan sangat terkenal di Algeria, Tunisia, dan Libya. Deglet Noor memiliki arti cahaya dari warnanya yang menyerupai sinar matahari.

Kurma Ajwa

Konon kurma Ajwa merupakan kurma favorit Nabi Muhammad SAW. Dengan adanya cerita tersebut, menjadikan harga kurma ini lebih mahal dibanding dengan jenis kurma lainnya. Selain itu ada perkataan pendukung mengenai cerita tersebut, dari Imam Al-Khathabi tentang keistimewaan kurma Ajwah.

“Kurma Ajwah bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan do’a keberkahan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah bukan karena dzat kurma itu sendiri.” Kurma ini banyak tumbuh di kota Madinah, Saudi Arabia. Kurma ini memiliki warna hitam dan bentuknya lebih kecil dibanding dengan jenis kurma yang lain.

Nah, itulah kurma yang menjadi favoritnya masyarakat Indonesia. Tapi, apapun jenis kurmanya tetap memiliki manfaat yang baik. Karena kurma sendiri memiliki vitamin yang cukup banyak, seperti vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan vjtamin A. Jadi buah yang satu ini sangat cocok untuk disajikan bersama lauk pauk lebaran yang cukup banyak kalori.