Berbagai Rasa di Saat Lebaran

Category: Berita -> SOSIAL BUDAYA | Posted date: 2018-06-15 11:55:37 | Updated date: | Posted by: Ulupi Dwip


Ceknricek.com - Tidak akan ada habisnya ketika membicarakan kuliner. Terlebih lagi kuliner yang ada di Indonesia, terkenal dengan melimpah ruahnya rempah-rempah. Berkat rempah-rempah,  masakan Indonesia menjadi kaya rasa dan berbagai macam menu tercipta d



Ceknricek.com - Tidak akan ada habisnya ketika membicarakan kuliner. Terlebih lagi kuliner yang ada di Indonesia, terkenal dengan melimpah ruahnya rempah-rempah. Berkat rempah-rempah,  masakan Indonesia menjadi kaya rasa dan berbagai macam menu tercipta di negara yang kaya raya ini.

Saat lebaran tiba, di rumah Anda pasti banyak makanan yang menggiurkan, dari mulai makanan berat sampai cemilan khas rumahan. Tidak hanya ketupat dan opor ayam saja yang menjadi menu khas lebaran, masih banyak  kuliner lain  dari berbagai daerah di Indonesia.

Timpahan Aceh

Kue tradisional ini selalu hadir di dalam acara besar Islam. Terbuat dari bahan dasar ketan dan pisang. Di dalamnya biasanya terdapat berbagai varian isi seperti parutan kelapa atau selai serikaya. Kue ini memiliki rasa yang unik karena terdapat campuran pisang yang manis dan parutan kelapa yang gurih. Teksturnya lembut. Sangat pas untuk menemani makanan pendamping lebaran lainnya.

Pangek Ayam Lado Hijau (Sumatera Barat)

Mungkin makanan ini tidak setenar rendang. Namun, dapat dipastikan kalau makanan ini tidak kalah enak dengan rendang, karena makanan Padang sudah terkenal dengan bumbunya yang kaya sehingga membuat semua cita rasa makanan terasa enak. Pangkek ayam lado hijau memiliki tekstur bumbu yang kental karena di dalamnya terdapat campuran santan, dan pastinya adanya cabe hijau yang makin membuat rasanya semakin menggiurkan. Membuat lidah tidak bisa berhenti bergoyang.

Lontong Balap (Jawa Timur)

Makanan ciri khas Surabaya ini terdiri dari lontong, toge yang dimasak setengah matang, tahu goreng, lentho (terbuat dari kacang-kacangan), dan dilengkapi dengan bawang goreng yang garing, kecap kental, juga sambal jika Anda menyukai rasa yang pedas. Biasanya makanan tambahan dari si lontong balap ini adalah sate kerang yang menggunakan bumbu kunyit. Tentunya, makanan ini sangat bergizi karena banyak mengandung protein nabati.

Ketupat Kandangan (Kalimantan)

Jika biasanya ketupat disajikan bersama daging ayam ataupun daging sapi. Panganan satu ini berbeda, karena ketupat kandangan disajikan bersama daging ikan gabus. Ikan gabus ini dimasak dengan cara dipanggang terlebih dahulu sebelum dimasak bersama kuah santan yang penuh bumbu rempah-rempah.

Sop Saudara (Sulawesi)

Sop saudara mempunyai kuah yang bening dengan berbagai macam rempah-rempah di dalamnya yang membuat rasanya sangat segar. Serta di dalamnya terdapat olahan daging, bihun, kentang goreng yang dibentuk bola, telur rebus, serta paru sapi goreng yang renyah dan perasan jeruk nipis. Lalu, dipasangkan dengan nasi putih hangat serta taburan bawang goreng. Sebagai pelengkap bisa ditambahkan sambal kacang. Jika anda mudik ke Sulawesi, makanan ini sangat saying jika anda lewatkan.