Amalan di Malam Takbiran Dan Idul Fitri

Category: Berita -> SOSIAL BUDAYA | Posted date: 2018-06-14 09:19:18 | Updated date: | Posted by: Ulupi Dwip


“Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd" Lantunan takbir sudah berkumandang dengan seksama di masjid – masjid. Takbir ini mengadakan bahwa bulan Ramadhan telah berlalu. Malam Idul F



Ceknricek.com - “Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd"

 

Lantunan takbir sudah berkumandang dengan seksama di masjid – masjid. Takbir ini mengadakan  bahwa bulan Ramadhan telah berlalu. Malam Idul Fitri atau malam takbiran adalah malam yang istimewa bagi umat umat Muslim.

 

Takbiran sendiri dilakukan setelah terbenamnya matahari di penghujung Ramadhan. Kenapa Allah SWT memerintahkan takbir? Takbir  merupakan aktivitas yang bermakna simbolik sebagai ungkapan kenikmatan yang diberikan sekaligus sebagai ungkapan mengagungkan nama Nya.

Maka jadikanlah aktivitas di malam takbiran ini lebih bermanfaat, dibandingkan dengan jalan – jalan atau mengadakan konvoi yang tidak ada maknanya.

 

Alangkah lebih baiknya kita melakukaan aktivitas yang di sunnahkan di malam takbiran. Simak tulisan yang dirangkum oleh ceknricek.com berikut ini.

 

Perbanyak Takbir

Allah bersabda dalam surah Al – Baqarah ayat 185, “Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk – Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

 

Takbir di sini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kemudahan yang Ia berikan dalam menjalankan ibadah puasa, takbiran memiliki keutamaan sebagai pembebasan dari api neraka, ampunan, sekaligus harapan ibadah yang diterima di sisi – Nya. Takbiran pun bisa dijadikan sebagai saranan untuk berzikir serta upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

Mandi Sunnah Saat Hari Raya

Mandi sunnah dilakukan agar saat beribadah bersih dari hadast besar maupun kecil. Dapat dilakukan sejak tengah malam pada malam hari raya atau pada pagi sebelum menunaikan solat subuh.

 

Makanlah walaupun sedikit, setelah masuk waktu subuh

Amalan ini sebagai pertanda berbuka di hari raya Idul Fitri.

 

Melaksanakan Solat Ied

Kurang afdol rasanya ketika sudah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, tetapi tidak solat Ied. Solat Ied dilakukan secara berjamaah dengan takbir diraka’at pertama sebanyak 7 kali selain takbiratul ihram dan takbir 5 kali di raka’at ke dua selain takbir berdiri dari sujud. Dan  dengan khutbah setelahnya.

 

Bersilahturahmi

Sebagaimana hadist Rasulullah SAW bahwa  silahturahmi dapat memperpanjang usia dan menumbuhkan kasih sayang diantara sesama umat muslim.

 

Selamat berlalu bulan Ramadhan yang penuh berkah dan rindu. Semoga Allah SWT berkenan menerima setiap amalan yang kita lakukan selama bulan suci ini dan kita bisa diizinkan kembali bertemu dengan bulan Ramadhan di tahun – tahun berikutnya.