Salut! Mereka Tetap Bekerja Saat Lebaran

Category: Berita -> SOSIAL BUDAYA | Posted date: 2018-06-15 20:30:42 | Updated date: | Posted by: Ulupi Dwip


Lebaran menjadi momen yang sangat ditunggu–tunggu untuk berkumpul bersama keluarga. Hari raya Idul Fitri menjadi kesempatan untuk bersilahturahmi bersama keluarga yang jauh dan saling bermaaf- maafan. Tapi, salutnya beberapa profesi tetap menjalani tu



Ceknricek.com – Lebaran menjadi momen yang sangat ditunggu–tunggu untuk berkumpul bersama keluarga. Hari raya Idul Fitri menjadi kesempatan untuk bersilahturahmi bersama keluarga yang jauh dan saling bermaaf- maafan.

Tapi, salutnya beberapa profesi tetap menjalani tugasnya. Mereka tidak bisa semudah itu untuk mendapatkan libur. Mereka mesti mengorbankan waktu untuk keluarga demi profesi yang sudah menjadi resikonya. Pekerjan – pekerjaan ini berhubungan dengan pelayanan masyarakat yang harus siap sedia meskipun di hari Idul Fitri ini.

Berikut daftar pekerjaan yang tidak kenal libur meskipun lebaran, yang di rangkum ceknricek.com.

Tenaga Medis

Dokter, bidan, perawat, dan apoteker merupakan profesi yang tidak bisa sembarangan untuk libur. Mereka tidak boleh meninggalkan kewajiban untuk merawat setiap pasien, bahkan mereka harus siap selama 24 jam ketika dibutuhkan. Pekerjaan di lingkungan medis bukan hanya soal passion, tapi ada pengorbanan besar di dalamnya.

Pegawai Pusat Perbelanjaan

Para pegawai seperti di tempat restaurant, minimarket, toko baju, dan tempat rekreasi harus tetap melayani konsumen atau pengunjung. Terlebih pramuniaga minimarket yang berlokasi di jalur mudik. Untuk tempat rekrasi justru menjadi sasaran yang sangat ramai ketika lebaran.

Polisi, Satpam, Tentara

Jasa polisi sangat besar menjelang dan saat lebaran tiba, apalagi untuk polisi lalu lintas. Kalau tidak ada polisi lalu lintas (Polantas) jalanan pasti menjadi kacau, para pemudik akan menjadi bingung untuk menanyakan jalan, dan harus selalu mengamankan lalu lintas.

Selain polisi, satpam juga menjadi profesi yang tidak bisa libur saat hari raya tiba. Banyak gedung seperti pusat perbelanjaan yang harus mereka jaga. Tentara pun begitu, mereka memiliki tugas menjaga keamanan negara.

Petugas SPBU

Nah, ini adalah jasa pelayanan yang paling dibutuhkan saat lebaran. Karena banyak pemudik yang membutuhkan BBM. Tidak hanya BBM, tempat SPBU ini bisa dijadikan lokasi untuk istirahat para pengendara.

Penyedia Jasa Transportasi

Profesi ini termasuk sopir bus, masinis, pilot, nahkoda, hingga penjaga palang kereta. Mereka bahkan bisa bekerja lebih keras menjelang hari raya tiba. Tidak jarang mereka solat Ied di tengah perjalanan.

Selain itu, masinis ataupun pilot juga harus kerja ekstra selama masa – masa mudik karena jadwal keberangkatan pasti ditingkatkan untuk menampung mereka yang ingin berkumpul bersama keluarga.

Ada juga penjaga palang kereta. Bayangkan, kalau mereka libur dan kereta tetap lewat, akan terjadi kecelakaan parah.  

Itulah beberapa profesi yang tetap masuk walaupun lebaran. Ingatlah banyak orang yang menginginkan ada di posisi kita. Selalu bersyukur atas apa yang sudah kita punya, dan selalu berterima kasih kepada mereka yang mengorbankan waktunya hanya untuk melayani kita.