Saat Main di Pantai, Waspadai Tusukan Bulu Babi

Category: Pengetahuan -> KESEHATAN | Posted date: 2018-06-17 07:11:25 | Updated date: | Posted by: Rihat Wiranto


Wisatawan di kawasan pantai, diminta mewaspadai keberadaan bulu babi dan ubur-ubur.



Ceknricek.com - Wisatawan  di kawasan pantai, diminta mewaspadai keberadaan bulu babi dan ubur-ubur.

"Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, ada saja pengunjung pantai ini yang tersengat ubur-ubur dan bulu babi (Echinoidea)," kata dr.Ratno Prosa kepada Antara di Posko Kesehatan Polda Banten yang ada di Pantai Bendulu, Anyer, Sabtu (16/6).

Selain menangani sejumlah wisatawan yang tersengat ubur-ubur dan bulu babi, tim medis dan paramedis Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Banten juga kerap melayani para pengunjung Pantai Bendulu yang pingsan di air dan terluka akibat membentur karang.

Dikutip dari aladokter.com,  bulu babi adalah hewan laut yang kecil dan bertubuh penuh duri. Hewan ini bisa ditemukan di seluruh lautan di seluruh dunia. Bulu babi bukan hewan yang agresif, tapi karena lokasinya yang sering ditemukan pada perairan dangkal, seringkali orang tanpa sengaja menginjak dan terkena sengatnya.

Diantara gejala tersengat bulu babi adalah nyeri yang sangat, bekas tusukan yang mudah terkena infeksi bila tidak cepat ditangani, kemerahan, bengkak, memar, dan kadang bisa menyebabkan kelemahan, nyeri otot, kelumpuhan, hingga syok.

Bila Anda terkena bulu babi, yang pertama kali dilakukan adalah melepas segala bagian dari bulu babi yang menempel pada tubuh Anda. Setelah itu, bilas area yang terkena dengan air dan sabun. Atasi rasa nyeri dengan antinyeri, dan bila gatal, Anda bisa gunakan bedak salisil atau konsultasikan ke dokter untuk diberikan resep krim hidrokortison.

Sengatan bulu babi baru berbahaya bila nyeri yang dirasakan tidak hilang setelah 4 hari, muncul tanda infeksi, ada kelumpuhan, nyeri dan kelemahan otot. Bila hanya terasa gatal, harusnya hal tersebut bukan merupakan kegawatan.

Namun bila gatalnya tidak kunjung hilang atau semakin parah hingga sangat mengganggu, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter kulit sesegera mungkin.