Penggunaan VAR di Piala Dunia Timbulkan Kontroversi

Category: Berita -> OLAHRAGA | Posted date: 2018-06-17 17:41:25 | Updated date: | Posted by: Rihat Wiranto


Sistem tinjauan ulang video menjadi penentu saat Prancis menang 2-1 atas Australia di Piala Dunia 2018 pada Sabtu(16/6).



Ceknricek.com - Sistem tinjauan ulang video menjadi penentu saat Prancis menang 2-1 atas Australia di Piala Dunia 2018 pada Sabtu(16/6).

Penyerang Prancis Antoine Griezmann mencetak gol lewat penalti perdana yang dihadiahkan di Video Asisten Wasit (VAR) di Piala Dunia. Ia dijatuhkan bek Socceroos Josh Risdon di dalam kotak terlarang.

Wasit Andres Cunha kemudian meminta melihat video rekaman, lalu  ia menghadiahkan tendangan penalti.

Griezmann mengarahkan bola ke sudut kanan melewati kiper Australia Mathew Ryan, memicu kegembiraan dari para penggemar Prancis namun disambut cemoohan dari para penggemar Australia di Kazan Arena.

Pelatih Australia Bert van Marwijk tidak senang dengan keputusan itu dan merasa bahwa wasit asal Uruguay Cunha.

"Saya berharap bahwa mungkin pada suatu waktu akan ada wasit (yang) sangat jujur," kata pelatih asal Belanda itu.

"Tidak ada diving" Video tayangan ulang gol pertama memperlihatkan bahwa terdapat kontak antara kaki Risdon dengan Griezmann sebelum penyerang Prancis itu terjatuh. Penyerang Atletico Madrid itu membantah tudingan bahwa ia berlebihan saat terkena hadangan.

"Menurut saya itu penalti karena ia menjegal kaki kiri saya dan kemudian ketika saya bangun, saya merasa sakit, tidak ada diving," tutur Griezmann.

"Merupakan hal bagus untuk memiliki VAR di situasi-situasi seperti ini." Prancis senang bisa mendapatkan manfaat dari teknologi ini, tambah pelatihnya Didier Deschamps.

Namun mantan kapten Prancis itu juga skeptis mengenai penggunaan teknologi yang lebih luas, mengatakan bahwa ia merasa keputusan-keputusan pada pertandingan Spanyol melawan Belanda dapat mengacu kepada teknologi.

"Saya tidak akan mengeluh mengenai VAR pada hari ini karena itu menguntungkan kami namun wasit tidak melihat adanya pelanggaran dan ia dapat memperbaiki hal ini, maka ia mampu mengoreksi kesalahannya," tuturnya.

Gol Costa

Pada laga sebelumnya, Diego Costa untuk menyamakan kedudukan Spanyol saat melawan Portugal pada Jumat waktu setempat merupakan gol pertama di Piala Dunia yang diberikan wasit setelah melihat rekaman pertandingan dengan menggunakan teknologi video asisten wasit (VAR).

Gol striker Spanyol itu disahkan wasit meski sempat berbenturan dengan bek Portugal Pepe.

Costa berlari ke arah bek tengah Portugal tersebut sebelum mencetak gol untuk menyamakan kedudukan di menit ke-24 setelah sebelumnya Cristiano Ronaldo membukukan gol Portugal lewat penalti di menit ke-4.

Wasit Italia Gianluca Rocchi memberi gol setelah berkonsultasi dengan tim VAR.

Sistem VAR, yang diujicobakan di Liga Jerman (Bundesliga) dan Liga Italia (Serie A) pada musim lalu, memungkinkan asisten video untuk meninjau keputusan di mana setiap kesalahan akan "terlihat dengan jelas".

Selanjutnya masih pada babak pertama, pemain tengah Spanyol Isco meminta Rocchi untuk kembali berkonsultasi dengan asisten video itu ketika tembakan Andres Iniesta membentur bagian bawah gawang.

Wasit Italia itu mengatakan bahwa dirinya akan menerima sinyal di jam tangan yang dikenakan serta tersambung dengan teknologi garis gawang apabila bola telah melewati garis.