Tips Simpan Foto Agar Ponsel Tidak Penuh

Category: Berita -> SOSIAL BUDAYA | Posted date: 2018-06-17 16:40:08 | Updated date: | Posted by: Rihat Wiranto


Lebaran menjadikan momen yang tepat untuk berkumpul dengan sanak saudara yang jarang ditemui. Nah, momen tersebut kurang afdol jika tidak berfoto bersama. Apalagi, sekarang banyak orang yang ingin segera update / upload mengenai apapun yang baru terjadi k



Ceknricek.com - Lebaran menjadikan momen yang tepat untuk berkumpul dengan sanak saudara yang jarang ditemui. Nah, momen tersebut kurang afdol jika tidak berfoto bersama. Apalagi, sekarang banyak orang yang ingin segera update / upload mengenai apapun yang baru terjadi ke sosial media. 

Sayangnya, sering kali karena terlalu asyik berfoto. Anda tidak memperhatikan kapasitas memori ponsel sehingga lekas penuh. Padahal, Anda belum puas untuk berfoto.

Simak tips berikut ini agar momen berkumpul bersama keluarga tidak terlewatkan. 

Kosongkan Galeri Foto 

Jika berniat untuk berkumpul bersama keluarga atau pergi berlibur saat Lebaran, pastikan storage sudah bersih. Ada baiknya Anda mengosongkan galeri foto dan sebagai gantinya foto – foto dipindahkan ke hard disk.

Simpan di Cloud 

Untuk Anda pengguna IOS, layanan komputasi awan sangat berguna untuk menyimpan foto agar memori ponsel tidak penuh. Anda bisa memanfaatkan layanan seperti Google Photos, atau Dropbox dan lain-lainnya.

Bawa Penyimpan Cadangan

Jika Anda termasuk orang yang hobi memotret dan merasa kapasitas penyimpanan  di ponsel selalu kurang.tidak ada salahnya membawa penyimpanan cadangan agar semua foto dapat tertampung. 

Pilih penyimpan cadangan yang mudah dibawa dan tidak membertakan, misalnya kartu memori atau flashdisk OTG. Simpan kartu memori dan OTG di kantong khusus atau dompet agar tidak lecet.

Unggah ke  Media Sosial

Facebook, Intagram, Tumbl, Pinterest dapat dimanfaatkan untuk mengunggah sekaligus menyimpan foto – foto Anda. Namun, perlu diketahui beberapa jejaring sosial tidak menyediakan pengaturan privat sehingga foto yang diunggah akan dapat dilihat oleh followers.

Selain menghemat waktu, Anda juga menghemat kuota karena tidak perlu mengirimkan foto ke banyak orang. Kerugiannya mungkin foto Anda masuk ke ruang publik. 

Pilih Foto Terbaik

Saat berfoto, sering kali Anda mengambil beberapa shot / angle dan belum tentu semuanya sesuai selera Anda. Pilih satu atau beberapa foto yang disukai dari setiap momen untuk disimpan sendiri. Cara ini cukup menghemat penyimpanan di ponsel karena Anda tidak perlu menyimpan beberapa foto yang hampir sama sekaligus.