Mesir Terancam Pulang Kampung Lebih Cepat

Category: Berita -> OLAHRAGA | Posted date: 2018-06-20 10:00:38 | Updated date: | Posted by: Rihat Wiranto


MESIR mungkin akan pulang kampung lebih awal dari Piala Dunia  setelah kalah 3-1 oleh tuan rumah Rusia, Selasa (19/6).



Ceknricek.com - MESIR mungkin akan pulang kampung lebih awal dari Piala Dunia setelah kalah 3-1 oleh tuan rumah Rusia, Selasa (19/6).

Tiga gol dalam rentang waktu 15 menit pada awal babak kedua membawa Rusia memegang kendali. Bintang Mesir Mohamed Salah, yang tampil tidak menonjol pada pertandingan itu mengemas satu gol huburan melalui ekskeusi penalti, yang diberikan setelah peninjauan ulang video.

Seandainya Uruguay (tiga poin) menang atas Arab Saudi (0 poin) pada Rabu, maka  tim Amerika Selatan dan Rusia akan melaju ke 16 besar dengan menyisakan satu pertandingan. Mesir dan Arab gigit jari.

Meski Mohamad Salah turun ke lapangan, tapi penampilannya belum pulih. Salah mencetak satu gol, tapi secara keseluruhan ia belum tampil prima seperti sedia kala.

"Tidak ada yang bisa membantah tentang pentingnya Salah kepada tim," kata Hector Cuper, pelatih Mesir.

"Sulit untuk mengatakan apa yang akan terjadi jika dia berada dalam performa terbaik tetapi saya selalu mengatakan satu atau dua pemain brilian harus ada dalam  tim."

Mesir, tambah Cuper, justru mengendur setelah turun minum sementara Rusia mengganas dengan tiga gol untuk menempatkan diri mereka di puncak klasemen grup untuk melaju ke babak berikutnya.

"Kami memiliki babak pertama yang bagus tetapi kemudian kami memiliki 10-15 menit yang sangat buruk dan itulah mengapa kami kalah. Kami tidak bertahan dengan baik," katanya.

Kesalahan yang tidak perlu dari kiper Mohamed El-Shenawy menyebabkan gol bunuh diri dari Ahmed Fathi pada menit ke-47.

"Saya tidak berpikir itu adalah kurangnya konsentrasi. Tidak ada pemain yang bisa terganggu di Piala Dunia. Kadang-kadang kesalahan terjadi," tambah pelatih Mesir itu.

Taktik Jitu Rusia

Strategi Rusia yang menargetkan kelemahan Mesir di udara menjadi kunci kemenangan sekaligus menempatkan tuan rumah berada di ambang tiket melaju ke babak sistem gugur Piala Dunia, kata pelatih Rusia Stanislav Cherchesov.

Cherchesov menempatkan penyerang tengah Artem Dzyuba menggantikan Fyodor Smolov, yang memulai laga saat menang 5-0 atas Arab Saudi dalam pertandingan pembukaan turnamen di Grup A.

"Terkadang aneh mengapa Anda membutuhkan penyerang besar untuk bermain, tetapi kami telah mempelajari banyak permainan Mesir," kata Cherchesov kepada wartawan. "Kami tahu saat-saat sulit mereka, kami tahu kelemahan mereka."

Kemenangan tersebut menyusul sukses Rusia menghancurkan Arab Saudi 5-0 pada pertandingan pertama turnamen itu.

Ini situasi positif yang tidak diperkirakan sebelumnya bagi Rusia yang memasuki turnamen tersebut di tengah-tengah keraguan dan pesimisme di negaranya. Dalam ranking FIFA, Rusia berada di peringkat terendah dibandingkan tim peserta Piala Dunia kali ini.