Temuan Baru: Orang Berumur Makin Panjang, Tapi Cenderung Sakit-sakitan

Category: Pengetahuan -> KESEHATAN | Posted date: 2018-06-22 11:03:02 | Updated date: | Posted by: Rihat Wiranto


Di zaman sekarang, manusia cenderung hidup lebih lama tetapi banyak yang kondisi kesehatannya buruk. Sebuah fakta di Australia menunjukkan hal itu.



Ceknricek.com - Di zaman sekarang, manusia  cenderung hidup lebih lama tetapi banyak yang  kondisi kesehatannya  buruk. Sebuah fakta di Australia menunjukkan hal itu.

Satu dari empat orang Australia memiliki dua atau lebih penyakit kronis. Kanker, penyakit mental, dan penyakit jantung koroner adalah yang paling umum. Kondisi kronis menyebabkan 87 persen kematian.

Itu adalah salah satu temuan kunci dari laporan terbaru Australian Institute of Health and Welfare Australia (AIHW) Health 2018.

Ketua Aliansi Pencegahan Penyakit Kronis, Profesor Sanchia Aranda, mengatakan seiring bertambahnya usia penduduk Australia, jumlah orang yang hidup dengan penyakit kronis diperkirakan bertambah banyak.

Seperti dilaporkan ABC News, satu  dari dua orang dewasa Australia memiliki setidaknya satu dari delapan kondisi kronis yang umum seperti   kanker, penyakit kardiovaskular, kondisi kesehatan mental, radang sendi, sakit punggung dan masalah, penyakit paru kronik, asma dan diabetes.

Hampir satu dari empat orang Australia memiliki dua atau lebih dari kondisi ini.

Dr Terry Slevin dari Public Health Australia mengatakan sepertiga penyakit kronis dapat dicegah.

"Kita tidak memiliki rencana yang jelas untuk mengatasi hal ini dan kami harus fokus pada pencegahan," katanya.

Laporan itu menemukan bahwa secara keseluruhan, kondisi kronis menyebabkan 87 persen kematian, 61 persen dari total beban penyakit dan lebih dari sepertiga rawat inap.

Ternyata, kegemukan menjadi faktor risiko utama untuk penyakit kronis.

Laporan itu menemukan enam dari 10 orang dewasa sekarang kelebihan berat badan atau obesitas, sementara proporsi yang "sangat gemuk" telah berlipat ganda.

Chief Executive Officer AIHW, Barry Sandison, mengatakan mereka yang berpenghasilan rendah tiga kali lebih mungkin untuk merokok atau menderita diabetes.

"Mereka yang berada di kelompok terendah lebih dari dua kali lebih mungkin untuk menghindari mengunjungi dokter gigi," katanya.

Sebuah data menyebutkan bahwa satu dari tiga (7 juta) orang dewasa dan anak-anak memiliki kondisi pernapasan kronis, seperti asma

Satu dari tiga (6,9 juta) orang memiliki arthritis dan kondisi muskuloskeletal lainnya, seperti nyeri punggung, arthritis dan osteoporosis

Satu dari 10 (1,7 juta) orang dewasa menunjukkan tanda-tanda biomedis penyakit ginjal kronis

Satu dari 20 (1,2 juta) orang dewasa melaporkan dirinya menderita diabetes

Satu dari 11 (376.000) orang berusia 65 tahun ke atas menderita demensia