Dan, Artis-Artis Berguguran di Pilkada 2018

Category: Berita -> POLITIK & HUKUM | Posted date: 2018-06-28 15:15:32 | Updated date: | Posted by: Admin


PARA artis, apa boleh buat, harus menelan pil pahit. Hingga berita ini diturunkan, tak satu pun dari mereka yang berhasil meraih suara terbanyak dalam Pilkada 2018 yang digelar serentak, Rabu (26/6).



Ceknricek.com - PARA artis, apa boleh buat, harus menelan pil pahit. Hingga berita ini diturunkan, tak satu pun dari mereka yang berhasil meraih suara terbanyak dalam Pilkada 2018 yang digelar serentak, Rabu (26/6).

Setidaknya ada lima artis yang bertarung dalam pemilihan kepala daerah  di tingkat provinsi, kota madya, dan kabupaten, di lima wilayah berbeda di Jawa Barat.

Kelima artis tersebut adalah aktor senior Deddy Mizwar untuk pemilihan gubernur Jawa Barat, Nurul Arifin wali kota Bandung, Ingrid Kansil wakil bupati Bogor, Hengky Kurniawan wakil bupati Bandung Barat, dan komedian Nurul Qomar wakil bupati Cirebon.

Deddy Mizwar

Mengutip quick count Pilgub Jabar versi Indikator, Kamis (28/6), Cagub-Cawagub Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi berada di peringkat ketiga dengan perolehan suara 24,92 persen. Suara terbanyak diraih pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dengan 34,33 persen. Sementara pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu, 29,28 persen, dan Tb Hasanuddin-Anton Charliyan: 11,47 persen.

Nurul Arifin,

Nasib yang sama juga dialami artis Nurul Arifin yang berlaga di Pilwalkot Bandung. Hasil hitung cepat lembaga survei Polsight dengan jumlah suara masuk 92%, menempatkan pasangan Oded M Danial-Yana Mulyana di posisi pertama dengan 51.4 persen suara. Menyusul kemudian pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna dengan 26.2 persen  suara. Sementara Nurul Arifin yang berpasangan dengan Chairul Yaqin Hidayat (Ruli) berada di posisi buncit dengan 26,2 persen suara. “ Suara nasionalis terpecah Bang,” kata Nurul Arifin kepada Ilham Bintang, wartawan ceknricek.com Rabu (27/6) petang.

Ingrid Kansil

Dari pemilihan bupati Bogor diperoleh kabar, artis Ingrid Kansil yang berpasangan dengan calon bupati Ade Ruhandi bersaing ketat dengan pasangan Ade Munawaroh Yasin-Iwan Setiawan.

Hasil quick count versi LSI Denny JA, Kamis (28/6), mengunggulkan pasangan Ade Munawaroh Yasin-Iwan Setiawan dengan 41,71% suara. Menyusul kemudian Ade Ruhandi-Inggrid Kansil, 37,50 persen, Fitri Putra Nugraha-Bayu Syah Johan, 8,18 persen, dan Ade Wardhana Adinata-Asep Ruhiyat 7,68 persen. Sedangkan putra Raja Dangdut Rhoma Irama, Ficky Irama yang berpasangan dengan Calon Bupati Gunawan Hasan, hanya meraih  4,93 persen.

Hengky Kurniawan

Dua pasangan calon bupati dan wakil bupati Bandung Barat saling mengklaim kemenangan. Kedua pasangan tersebut adalah  Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati, dan Aa Umbara-Hengky Kurniawan.

Asep Miftah, Ketua Tim Pemenangan Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati, mengklaim kemenangan dengan perolehan suara 45 persen. "Kami bisa klaim Doddy-Pupu pemenang. Dasarnya, kami sudah dapatkan hasil itu unggul di delapan kecamatan. Secara random 45 persen unggul,” katanya dalam konferensi pers di HBS Center, Jalan Cimareme, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (27/6), seperti dikutip pikiran-rakyat.com.

Kemenangan yang sama juga diklaim pasangan Aa Umbara-Hengky Kurniawan. Berdasarkan hasil quick count yang dilakukan oleh tim pemenangannya, mereka mengklaim perolehan suara mencapai 47,6 persen.

Nurul Qomar

Pasangan Cabup Cirebon nomor urut empat Mohamad Luthfi yang berpasangan dengan komedian Nurul Qomar keok real count resmi sementara milik KPU.

Hasil sementara real count KPU di infokpujabar.org, Kamis (28/6/2018), per pukul 09.25 WIB, Lutfi-Qomar menduduki posisi ketiga dengan perolehan suara sebanyak 26,04 persen. Cabup petahana Sunjaya Purwadisasta-Imron Rosadi menduduki posisi pertama dengan 32,56 persen suara. Posisi paling buncit diduduki Rahmat-Yayat Ruhyat yang hanya meraih 14,96 persen suara.

Untuk diketahui, hasil sementara real count tersebut belum bisa menjadi pegangan. Hasil akhir resmi berdasarkan rekapitulasi formulir C1 secara manual yang dilakukan KPU. "Rekapitulasi ini tidak merepresentasikan hasil akhir Pemilihan Bupati Cirebon Tahun 2018. Penetapan hasil pemilihan dilaksanakan pada tanggal 4 - 6 Juli 2018," tulis infokpujabar.org.


Oleh Farid Ridwan Iskandar