Pantai Cantik Sawarna, Tambahan Opsi Destinasi Wisata Anda

Category: Berita -> SOSIAL BUDAYA | Posted date: 2018-07-08 08:49:47 | Updated date: | Posted by: Ulupi Dwip


Jika Anda ke Banten, mungkin yang Anda tahu hanya ada pantai Carita dan Anyer. Ya, memang kedua pantai itu selalu menjadi primadonanya Banten. Tapi, kini ada primadona baru yang hadir untuk Anda explore di Banten. Pantai Sawarna namanya.



Ceknricek.com— Jika Anda ke Banten, mungkin yang Anda tahu hanya ada pantai Carita dan Anyer. Ya, memang kedua pantai itu selalu menjadi primadonanya Banten. Tapi, kini ada primadona baru yang hadir untuk Anda explore di Banten. Pantai Sawarna namanya. 

Sawarna merupakan sebuah Desa Wisata yang ada di Kecamatan Bayah, Kabuptaen Lebak, Provinsi Banten. Karena keindahannya, dalam waktu yang singkat, Pantai Sawarna memenuhi semua media sosial. 

Asal Usul Kawasan Sawarna

Desa Sawarna tidak terlepas dari pelukis legendaris dunia Van Gogh. Van Gogh mempunyai sepupu bernama Louis Van Gogh. Louis membuka perkebunan kelapa di pinggir Pantai Tanjung Layar dan Caintir seluas 54 hektar. 

Louis sendiri mempekerjakan penduduk setempat dari berbagai daerah, dengan banyaknya orang dari berbagai daerah, membuat Sawarna memiliki perbedaan logat dan dialek dalam percakapan sehari-harinya. Orang Sunda menyebutnya “Sorana” yang artinya “suaranya” sehingga nama wilayah tersebut dikemudian hari disebut Sawarna yang berasal dari kata Soran tersebut. 

Ada pendapat lain yang mengatakan, nama Sawarna diambil dari nama seseorang Swarna. Beliau adalah Kepala Desa pertama di wilayah tersebut yang hidup pada tahun 1900-an.

Lalu ada yang mengatakan juga, kalau “Swarna” itu artinya “Satu Warna” untuk menegaskan bahwa penduduk yang tinggal di lokasi tersebut satu warna yaitu masyarakat Sunda.

Seiring waktu berjalan, Desa Sawarna yang tadinya area perkebunan berubah menjadi Desa Wisata. Hal tersebut ditandai dengan banyak penduduk yang menjadikan rumahnya sebagai ‘home stay’ untuk para pengunjung yang datang. Dengan adanya Pantai Sawarna roda perekonomian meningkat. Sebagian penduduk menjadi memiliki pekerjaan baru sebagai pemandu wisata (tour guide).

Sedangkan yang disebut sebagai Pantai Sawarna adalah kawasan yang menghampar dari Pantai Pulo Manuk hingga Pantai Karang Taraje. Jadi Sawarna memiliki beberapa Pantai, di antaranya Pantai Ciantir, Tanjung Layar, Legon Pari, Karang Taraje, Goa Langir Dan Pantai Pulau Manuk.

Pantai Tanjung Layar 

Pantai Tanjung Layar menjadi salah satu unggulan dari beberapa pantai di Sawarna. Tanjung Layar sendiri berasal dari dua buah batu karang raksasa yang berbentuk seperti layar kapal yang membentang. 

Pantai ini sangat cocok Anda jadikan sebagai spot untuk melihat sunset kala senja datang. Pastinya cocok untuk Anda yang menginginkan spot-spot foto aesthetic untuk menghiasi lama social media Anda.

Hamparan karang yang indah, pasir putih yang tersebar, angin sejuk yang sepoi-sepoi serta lingkungan yang masih alami, akan sangat memanjakan otak dan mata Anda. Di pantai ini terdapat fasilitas seperti toilet, saung, gazebo, atau tempat untuk sekedar berjemur, yang siap untuk memanjakan setiap wisatawan yang datang. 

Pantai Legon Pari

Satu lagi pantai unggulan di Sawarna. Legon Pari! terletak cukup jauh dari Pantai Tanjung Layar. Belum banyak wisatawan yang datang kesini karena jaraknya yang memang cukup jauh dan aksesnya yang belum cukup bagus. Tapi untuk menemukan spot yang bagus memang harus susah payah dulu bukan? 

Rasa lelah akan terbayar setelah sampai. Karena tempat ini memang menjadi tempat paling eksotis di kawasan Sawarna. Jika Tanjung Layar berbentuk daratan yang menjorok ke arah lautan, maka lain halnya dengan Legon Pari, lautanlah yang menjorok ke daratan. Sebab itulah Anda bisa melihat sunrise disini. Yup! Makin bertambah lagi foto bagus untuk social media Anda. 

Kedua Pantai tersebut sama – sama menyajikan pemandangan yang indah, yang pastinya cocok untuk Anda yang ingin “escap” dari hiruk pikuk kota dan pekerjaan yang membuat Anda stress.

Nah, tertarik kan untuk explore pantai cantik di Sawarna? Wisata ke Sawarna, dapat dikatakan wisata yang mengandalkan low budget. Banyak paket wisata murah yang disediakan oleh banyak travel. Harga-harga paket wisata ke Sawarna mulai dari Rp380.000,00 sampai Rp425.000,00. 

So, tidak ada alasan untuk tidak merelaksasikan diri dari semrawutnya kota. Anda butuh liburan walaupun hanya sebentar, dan pantai menjadi pilihan yang cocok untuk menjadi tempat “escape” Anda.