Catat, Polandia Butuh 20 Ribu TKI

Category: BERITA -> EKONOMI & BISNIS | Posted date: 2018-05-06 01:15:39 | Updated date: 2018-05-07 13:58:55 | Posted by:


Cekricek.com - Selain negara-negara Timur Tengah, peluang bekerja di luar negeri juga datang dari Polandia. Hal itu dikatakan Peter F. Gontha, Duta Besar RI untuk Polandia di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (12/4). Menurut Peter, Polandia meminta 20 ribu



Cekricek.com - Selain negara-negara Timur Tengah, peluang bekerja di luar negeri juga datang dari Polandia. Hal itu dikatakan Peter F. Gontha, Duta Besar RI untuk Polandia di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (12/4). Menurut Peter, Polandia meminta 20 ribu tenaga kerja dari Indonesia, khusus untuk industri maritim dan pengolahan ikan.

“Mereka minta segera. Tapi kita nggak bisa memenuhi secepat itu. Bulan Juni rencananya ada 50 orang yang berangkat. Kita bertahap akan memenuhi permintaan mereka,”kata Peter.

Baca Juga : Polandia Ingin Investasi Tambang di Indonesia

Meski mendesak, Peter tidak mau tenaga kerja yang dikirim asal-asalan. Misalnya pembantu rumah tangga. Ia minta pekerja yang punya skill. Soal nanti akan mengirim asisten rumah tangga, Peter berharap itu tidak terjadi di eranya. “Kalau nanti pengganti saya mau ngirim (PRT), silahkan saja. Kalau saya nggak mau. Paling rendah pendidikan STM dan politeknik,”kata Peter.

Untuk memenuhi kebutuhan 20 ribu, menurut Peter, butuh waktu sekitar 5-10 tahun. Maka ia bakal pelan-pelan menyediakan. Sejauh ini, baru sekitar 500 orang tenaga kerja Indonesia yang bekerja di Polandia. Pihak Polandia sendiri sudah mulai berinvestasi ke Indonesia. Misalnya ada investasi sebesar 1 triliun di bidang energi listrik.