Laporan Khusus Ceknricek.com : Srikandi-Srikandi Indonesia

Category: KNOWLEDGE -> SOSOK | Posted date: 2018-05-06 01:30:20 | Updated date: 2018-05-11 01:34:28 | Posted by: Farid Iskandar


Ceknricek.com - Ada enam perempuan Indonesia masuk ke dalam daftar wanita paling dikagumi dunia versi YouGov, yang sebagian berasal dari pentas politik. Deretan teratas diisi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Menyusul kemudian Agnes Monica



Ceknricek.com - Ada enam perempuan Indonesia masuk ke dalam daftar wanita paling dikagumi dunia versi YouGov, yang sebagian berasal dari pentas politik. Deretan teratas diisi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Menyusul kemudian Agnes Monica dan dilanjutkan dengan Sri Mulyani, Tri Rismaharini, Anggun dan Megawati Soekarnoputri. Berikut profil singkat mereka.

Sri Mulyani

[caption id="attachment_1512" align="aligncenter" width="500"] Sri Mulyani Menteri Keuangan[/caption]

Menteri Keuangan Sri Mulyani salah satu sosok wanita dengan segudang prestasi di Indonesia dan diakui di dunia Internasional. Ia kembali dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik 2018 versi Majalah Keuangan Finance Asia. Penghargaan yang sama juga ia terima pada 2017 lalu. Sebelumnya ia juga terpilih sebagai menteri terbaik World Government Summit 2018

FinanceAsia menilai Sri Mulyani berhasil membawa perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik. Ia dianggap berhasil memanfaatkan kesempatan kemajuan ekonomi global untuk mereformasi struktur keuangan pada 2017 sehingga dapat bertahan saat terjadi kenaikan suku bunga di Amerika Serikat.

Menurut FinanceAsia, Sri Mulyani berhasil menjaga stabilitas belanja negara yang terlihat terlihat dari defisit anggaran yang lebih rendah (2,5 persen) dibanding proyeksi semula (2,9 persen).

Atas penghargaan tersebut, Sri Mulyani mengungkapkan apresiasi ini tak lepas dari peran Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla atas kepemimpinan mereka yang selalu mendorong seluruh Menteri untuk senantiasa bekerja keras guna memperbaiki kehidupan rakyat Indonesia.

"Hal ini juga merupakan pengakuan dan apresiasi atas kerja keras Pemerintah di bidang ekonomi, yang didukung oleh kerja sama yang baik antara Kementerian Keuangan dan seluruh pemangku kepentingan," kata Sri Mulyani dikutip dari situs Kemenkeu.go.id, Sabtu (14/4).

Ia menambahkan, Menkeu adalah jabatan publik dan abdi negara yang bertanggung jawab mengelola keuangan negara bagi sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat.

"Keuangan negara adalah alat untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia untuk mewujudkan masyarakat adil makmur dan negara yang beradab dan bermartabat," katanya.

Megawati Soekarnoputri

[caption id="attachment_1513" align="aligncenter" width="500"] Megawati Soekarnoputri ketua umum PDIP[/caption]

Nama panjangnya Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri. Lahir di Yogyakarta, 23 Januari 1947, ia adalah Putri Presiden Pertama Soekarno dan Ibu Fatmawati.

Ibu Mega – begitu ia biasa disapa -- bisa dibilang sebagai titisan ayahnya. Menindaklanjuti perjuangan Bung Karno, saat aktif di GMNI, dia terjun ke partai politik. Pada usia 39 tahun ia menjadi pengurus PDI Jakarta Pusat (1986). Setahun kemudian, dia menjadi anggota DPR RI 1987-1992.

Karier politiknya semakin kuat setelah setahun kemudian terpilih menjadi Ketua Umum PDI 1993-1998, dalam kongres PDI, 22 Desember 1993. Semasa kepemimpinannya banyak penekanan dari penguasa Presiden Soeharto. PDI terbecah dengan kepemimpinan Mega dan Soerjadi. Puncaknya bentrok fisik perubatan kantor PDI di Jalan Diponegoro yang berujung peristiwa 27 Juli 1996, yang memicu kerusuhan di Jakarta.

Sehubungan ada kedua pimpinan PDI, PDI kelompok Mega melakukan kongres PDI sekaligus mengganti nama PDI menjadi PDI Perjuangan (1998). Ia kemudian menjadi Ketua Umum PDIP 1998-2000. Sejak itu, Mega menjadi ketua umum PDIP berturut-turut periode 2000-2005, 2005-2010, 2010-2015, dan 2015-2020.

Pada pemilu 1999, awal Era Reformasi, PDIP memenangkan pemilu. Meski pemenang pemilu, Mega dalam pemilihan presiden lewat MPR kalah suara oleh Abdurrahman Wahid. Presiden Abdurrahman hanya bertahan dari 1999-2001. Mega yang waktu itu sebagai Wapres menggantikannya menjadi Presiden periode 2001-2004.

Pada Pilpres berikutnya 2004 dan 2009, dalam situs laman KPU, Mega maju kembali menjadi calon presiden tapi belum berhasil. Pada Pemilu 2014, Mega berjuang kembali, dengan mencalonkan kader partai PDIP Joko Widodo sebagai capres 2014. Hasil kerja kerasnya menuai hasil. Capresnya terpilih sebagai presiden masa bakti 2014-2019.

Sukses mengantarkan kadernya bukan berarti tinggal diam. Mega tetap berjuang mengawal pemerintah bersama PDI Perjuangan. "Mari Berjuang Untuk Kesejahteraan Rakyat", begitu tagline PDI Perjuangan.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini 

[caption id="attachment_1514" align="aligncenter" width="300"] Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya[/caption]

Lahir di Kediri, 20 November 1961, Walikota Surabaya ini dikenal dengan pemimpin yang tegas. Dia tak segan untuk menengok beberapa kelurahan maupun kecamatan di Surabaya. Jika ada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mangkir dari tugas, maka Risma langsung menegur pegawai tersebut.

Beberapa program dia usung seperti pembangunan fisik yang mencakup infrastruktur, taman, pusat usaha dan pertanian, pusat rehabilitasi, fasilitas bagi anak yatim, orang jompo dan anak-anak berkebutuhan khusus serta mengubah pusat proatistusi menjadi komplek usaha.

Sedangkan pembangunan nonfisik yang telah dilakukannya antara lain program rehabilitasi terhadap wanita tuna susila, anak jalanan, orang gila, menertibkan para pengamen dengan memberi mereka panggung khusus dan bayaran sebesar Rp2 juta setiap kali tampil.

Agnez Monica atau Agnez Mo

[caption id="attachment_1515" align="aligncenter" width="300"] Agnez Monica Penyanyi Indonesia[/caption]

Agnez Monica salah satu artis dengan followers media sosial terbesar di Indonesia. Karier Agnez Mo berawal dari penyanyi cilik dan aktris Indonesia. Tahun 2005, Agnes membintangi sejumlah judul sinetron seperti 'Ku Tlah Jatuh Cinta', 'Pink' dan 'Kawin Muda'. Dia juga sempat berakting di serial Taiwan, 'The Hospital' (bersama Jerry Yan) dan 'Romance In The White House' (bersama Peter Ho).

Menginjak remaja, Agnes aktif merilis album. Mulai dari 'And the Story Goes' (2003), 'Whaddup A'..?!' (2005), Nez (2008), 'Sacredly Agnezious' (2009) dan 'Agnes Is My Name' (2011). Tanggal 21 November 2010, Agnes mendapat kehormatan sebagai salah satu pembawa acara 'American Music Awards 2010' yang diselenggarakan di Nokia Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat. Dan, masih banyak prestasi artis ini lainnya.

Anggun C Sasmi

[caption id="attachment_1516" align="aligncenter" width="300"] Aggun C Sasmi Penyanyi Indonesia - Perancis[/caption]

Penyanyi asal Indonesia-Perancis ini menjadi wanita yang paling dikagumi di Indonesia. Ia mengawali kariernya dengan tampil di panggung Ancol pada usia tujuh tahun, lalu merekam album anak-anak dua tahun kemudian.

Kini wanita berdarah Jawa dan masih kerabat Keraton Yogyakarta ini merupakan penyanyi Indonesia pertama yang berhasil menembus industri musik internasional dan album-albumnya telah meraih penghargaan gold dan platinum di beberapa negara Eropa.

Beberapa penghargaan telah diraih Anggun atas pencapaiannya, termasuk di antaranya anugerah prestisius "Chevalier des Arts et Lettres" dari pemerintah Prancis dan "World's Best Selling Indonesian Artist" dari World Music Awards sebagai artis Indonesia dengan penjualan album tertinggi di seluruh dunia.

Anggun juga telah dua kali didaulat menjadi duta global Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yaitu untuk program Mikrokredit pada tahun 2005 dan Food and Agriculture Organization (FAO) pada tahun 2009.