Laporan Khusus Ceknricek.com : Kartini Zaman Now

Category: KNOWLEDGE -> SOSOK | Posted date: 2018-05-06 02:08:10 | Updated date: 2018-05-10 06:45:08 | Posted by: Farid Iskandar


Ceknricek.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali membetot perhatian khalayak. Ia terpilih menjadi wanita paling dikagumi di dunia 2018 versi YouGov. Prestasi ini melengkapi keberhasilan sebelumnya. Sepanjang 2016-2017, Susi setidakn



Ceknricek.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali membetot perhatian khalayak. Ia terpilih menjadi wanita paling dikagumi di dunia 2018 versi YouGov. Prestasi ini melengkapi keberhasilan sebelumnya. Sepanjang 2016-2017, Susi setidaknya menerima tiga penghargaan berskala internasional. Itulah tampaknya yang membuat ia layak dijuluki Kartini zaman now.

Nama Susi Pudjiastuti bertengger di posisi puncak wanita Indonesia yang dikagumi dunia. Mengutip riset YouGov yang dirilis CNET, Kamis (12/4), Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja itu meraih skor kekaguman 13,70 persen.

YouGov adalah perusahaan riset pasar dan analisis data berbasis internasional yang berkantor pusat di Inggris. Wikipedia menulis, mereka beroperasi di Eropa, Amerika Utara, Timur Tengah dan Asia Pasifik. Didirikan Stephan Shakespeare dan Nadhim Zahawi di Inggris (Mei 2000), mereka mengklaim sebagai komunitas terdiri lebih dari empat juta orang di seluruh dunia yang berbagi pendapat dan pandangan. YouGov menjadi perusahaan publik yang terdaftar di pasar Investasi Alternatif Bursa Efek London, April 2005 silam.

Untuk menjaring orang yang dikagumi 2018, YouGov mengadakan survei kepada 37 ribu orang di 35 negara. Responden dihadapkan pada dua pertanyaan : “Siapa yang kamu kagumi” dan “Siapa yang paling kamu kagumi”.

Responden bisa menjawab lebih dari satu untuk pertanyaan pertama. Sedangkan pertanyaan kedua hanya boleh satu jawaban. Hasilnya kemudian ditunjukkan dengan persentase kekaguman responden terhadap tokoh-tokoh yang dikagumi.

 Daftar nama-nama orang paling dikagumi didunia versi YouGov

Setidaknya ada 40 nama yang terjaring ke dalam daftar orang paling dikagumi di dunia : 20 pria dan 20 wanita. Di Indonesia, tokoh-tokoh yang masuk ke dalam daftar 20 terpopuler mayoritas datang dari kalangan eksekutif dan pentas hiburan.

Di posisi lima besar pria tercatat nama BJ Habibie (18,60%), Joko Widodo (12,40%), Basuki Tjahaja Purnama (8,20), Zakir Naik (7,20%), Bill Gates (6,80%). Sementara lima besar wanita ditempati Susi Pudjiastuti (13,70%), Agnez Mo (8,90%), Sri Mulyani Indrawati (7,90%), Tri Rismaharini (7,40%), dan Anggun C Sasmi (5,60%). Sedangkan Megawati Soekarnoputri berada di posisi 15 dengan skor 2,60%, sejajar dengan Skor yang diraih mantan Ibu Negara Amerika Serikat, Hillary Clinton.

“Tenggelamkan”

Sejak dilantik menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan RI pada 2014, Susi nyaris selalu membetot perhatian khalayak. Selain latar belakang pendidikannya yang tak tamat SMA, tindak tanduknya kerap memicu kontroversi sekaligus prestasi. Susi tercatat sebagai wanita pertama yang menempati posisi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Ucapan “tenggelamkan” untuk kapal kapal asing yang menangkap ikan secara ilegal di wilayah Indonesia seakan menyatu dengan kebijakan kementerian yang dipimpinnya. Atas kiprahnya, ia dianugerahi Seafood Champion Award dalam acara Seaweb Seafood Summit di Seattle, Amerika Serikat, Juni 2017.

 Aksi Susi Pudjiastuti diatas papan selancar

Menteri kelahiran Pangandaran, Jawa Barat, 15 Januari 1965 itu menerima penghargaan untuk kategori kepemimpinan (leadership) dari empat kategori yang ada : innovation, vision, advocacy, dan leadership.

Susi dinilai sangat berani memberantas praktik penangkapan ikan secara ilegal, tidak dilaporkan, dan tidak diatur (illegal unreported and unregulated fishing) oleh kapal asing dan lokal di Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia (WPPRI).

Kartini Indonesia

Susi juga menerima penghargaan maritim tertinggi dunia, Peter Benchley Ocean Awards di Smithsonian, Washington DC, Mei 2017. Penghargaan itu tidak terlepas dari kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam menerapkan berbagai kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan Indonesia yang meliputi pilar kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan.

Dua penghargaan tersebut melengkapi prestasi sebelumnya sebagai Leaders for a Living Planet dari World Wildlife Fund (WWF) yang diserahkan di Washington DC, September 2016 .

Penghargaan WWF kepada Susi Pudjiastuti

Menurut Presiden WWF Internasional Yolanda Kakabadse, Susi layak menerima penghargaan tersebut atas perannya dalam pemberantasanillegal fishing, dan perlawanan terhadap Unregulated and Unreported Fishing (IUUF).

“Menteri Susi memiliki semangat yang nyata dalam melestarikan lingkungan, terutama dalam memberantas penangkapan ikan secara ilegal. Tak banyak orang yang bisa melakukan langkah seperti ini,” kata Kakabadse.

Selain Susi, lima wanita Indonesia lainnya -- Agnez Mo, Sri Mulyani Indrawati, Tri Rismaharini, Anggun C Sasmi, dan Megawati Soekarnoputri juga meraih penghargaan membanggakan untuk bidangnya masing-masing – (lihat halaman 5).

Prestasi mereka dipastikan bisa memberi inspirasi pada kaum wanita Indonesia yang bakal merayakan Hari Kartini 2018, Sabtu (21/4) mendatang.