Peter F. Gontha,?Masa cuma gamelan yang dikirim ke Polandia??

Category: BERITA -> EKONOMI & BISNIS | Posted date: 2018-05-06 04:29:47 | Updated date: 2018-05-10 06:32:00 | Posted by:


Ceknricek.com - Duta besar Indonesia untuk Polandia, Peter F. Gontha, senang melihat sineas Indonesia banyak yang syuting film di Polandia. Hal itu jadi kabar baik soal peningkatan kerjasama budaya Indonesia-Polandia. Peter juga mengapresiasi saat beberap



Ceknricek.com - Duta besar Indonesia untuk Polandia, Peter F. Gontha, senang melihat sineas Indonesia banyak yang syuting film di Polandia. Hal itu jadi kabar baik soal peningkatan kerjasama budaya Indonesia-Polandia. Peter juga mengapresiasi saat beberapa film Indonesia berhasil menang di ajang festival film di Polandia. Peter ingin, ada seniman Indonesia yang bisa seperti Chopin, komponis dan pianis Polandia yang namanya bisa mendunia.

Namun Peter agak heran karena selama ini hanya musik gamelan yang banyak dipentaskan di Polandia. Padahal ia ingin seni daerah lain juga bisa nembus Polandia. Misalnya Kulintang, Tari Kecak, dan Kuda Lumping. Beberapa waktu lalu ia juga pernah melihat penyanyi Gordon Tobing asal Batak, yang menurutnya menarik.

 Duta besar Indonesia untuk Polandia, Peter F. Gontha[/caption]

“Selama saya jadi duta besar, kulintang,tari kecak dan kuda lumping belum ada yang datang. Saya nggak tahu kenapa. Coba anda tanya ke mereka. Nggak ada saluran juga untuk menjembatani,”kata Peter.

Baca Juga : Polandia Ingin Investasi Tambang di Indonesia

Ia pun bertekad untuk mempromosikan seni-seni daerah Indonesia itu ke Polandia. Peter juga berencana memasarkan lagu-lagu Batak di Polandia. Ia ingin tidak hanya gamelan saja yang bisa dinikmati oleh orang Polandia.

“Kuncinya di pendidikan juga. Nah ini yang saya heran.Mahasiswa kita disana cuma 100 orang. Sedangkan Saudi Arabia ada 2500 orang. Malaysia bisa 500 orang. Padahal biaya pendidikan di Polandia seperlima biaya pendidikan di Inggris dan Amerika,”pungkas Peter.