Peringati Hari Anzac, Libur Nasional di Australia

Category: BERITA -> POLITIK | Posted date: 2018-05-06 05:26:26 | Updated date: 2018-05-11 01:06:56 | Posted by:


Peringati Hari Anzac, Libur Nasional di Australia



Catatan Ilham Bintang*

Ceknricek.com - Sebuah Ode of Remembrance dibacakan setiap upacara Anzac Day.

They shall grow not old, as we that are left grow old;

Age shall not weary them, nor the years condemn.

At the going down of the sun and in the morning We will remember them.

Lalu para hadirin akan menyahut: “We will remember them.”

Setiap tanggal 25 April sejak tahun 1920 warga Australia memperingati Anzac Day atau Hari Anzac untuk mengenang jasa-jasa pahlawannya yang gugur dalam pertempuran pada Perang Dunia I tahun 1915 di Galipolli, Turki.

Hari itu 103 tahun lalu pecah aksi militer terbesar yang melibatkan tentara Australia dan Selandia Baru dilakukan. Peristiwa yang terjadi di Galipolli, Turki mengawali Perang Duia I Anzac, akronim Australian and New Zealand Army Corps (Pasukan tentara Australia dan Selandia Baru).

Ribuan orang kehilangan jiwa pada peristiwa Galipolli. 60.000 tentara Turki dan 50.000 pasukan sekutu, termasuk 8.709 tentara Australia dan 2.700 tentara Selandia Baru.

Gallipoli hanya salah satu dari peperangan saat itu yang menelan korban lebih dari 15 juta jiwa. Gallipoli menjadi kekalahan besar bagi Australia dan sekutunya yang memakan korban jiwa besar bagi negara yang relatif muda pada saat itu. Tapi peristiwa tersebut tetap memainkan peranan penting bagi Australia, juga Selandia Baru dan Turki, untuk menentukan identitas nasionalnya di peta dunia.

“Meskipun saya masih WNI tapi saya juga ikut memperingati Anzac Day. Apalagi saya sudah 20 tahun tinggal di Australia. Perayaan itu sifatnya universal, kita pun punya banyak sejarah seperti yang kita hormati,” kata Kelana Jaya, asal Medan yang berkecimpung di dunia pendidikan.

Tahun ini perayaan Anzac Day di Melbourne Rabu (25/4) dipusatkan di Monumen Anzac di dalam komplek Botanical Garden yang luas. Tapi, pemusatan itu tidak berhenti menghalangi warga Melbourne untuk memperingati secara sendiri-sendiri, termasuk cara perayaannya. Yang menarik dicatat mayoritas warga merayakan dengan Peringatan fajar terbit. Maksudnya dirayakan sebelum matahari terbit. Itu sudah menjadi tradisi.

Di Tanah Air, khususnya di Balikpapan, Kalimantan Anzac Day juga diperingati dengan upacara hampir sama.

[caption id="attachment_1990" align="aligncenter" width="300"] warga Australia memperingati Anzac Day atau Hari Anzac untuk mengenang jasa-jasa pahlawannya yang gugur dalam pertempuran pada Perang Dunia I tahun 1915 di Galipolli, Turki.[/caption]

Tidak banyak yang tahu Australia dan Balikpapan punya keterkaitan sejarah. Perang yang terjadi di Balikpapan menjadi medan pertempuran terakhir di kawasan Pasifik pada masa Perang Dunia Kedua. Pasukan Australia bahu membahu dengan pejuang Indonesia menghalau pendudukan sekutu.

Peristiwa itu diabadikan dengan pendirian Tugu Australia, yang berada pusat kota Balikpapan.Tugu itu dibangun oleh pemerintah Australia untuk memperingati pasukan divisi VII Australia yang gugur menghadapi pasukan Jepang pada saat Perang Dunia II. Kurang lebih ada 270 orang tentara Australia yang gugur pada saat itu.

Tugu yang terletak di Jalan Sudirman tersebut didominasi dengan warna putih dan merah bata ini dikelilingi dengan beraneka macam tanaman bunga.

Sebuah plakat menjelaskan secara detil bagaimana pasukan tentara Australia saat itu membantu tentara Indonesia untuk mengusir Jepang.

Selasa (24/4) siang, sehari sebelum upacara peringatan itu saya meninjau lokasi acara. Ratusan petugas tengah sibuk merampungan persiapan. Layar visual bersebaran di area lokasi. Tenda-tenda mulai terpasang rapi termasuk puluhan restroom darurat.

Beberapa rombongan pelajar melakukan tur di sana mengelilingi lokasi dan mengambil gambar dari segala sudutnya.

[caption id="attachment_1994" align="aligncenter" width="300"] rombongan pelajar melakukan tur dan mengelilingi lokasi[/caption]

Upacara Fajar

Upacara Fajar telah diadakan sejak tahun 1920an. Saat ini semakin banyak warga yang membuat acara ini. Di seluruh kota di Australia, orang-orang berkumpul untuk mengenang para tentara yang terlibat dalam peristiwa Anzac.

Beberapa upacara yang sederhana di rumah - rumah warga hanya dihadiri sedikit orang sekedar mengheningkan cipta selama satu menit. Perayaan yang lebih besar dihadiri oleh ribuan orang, termasuk para pejabat militer dan pensiunan tentara. Rangkaian upacara besar biasanya dipimpin oleh pendeta dan dilengkapi dengan ritual peletakan karangan bunga dan tembakan senapan.

Beberapa tahun belakangan ini, ziarah ke berbagai tempat di luar negeri yang terkait dengan sejarah perang Australia menjadi populer. Banyak warga Australia mengunjungi tempat-tempat di seluruh dunia untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang mengorbankan dirinya waktu perang.

Tempat paling populer yang dikunjungi adalah tempat pendaratan Anzac di semenanjung Gallipoli di Turki. Upcara fajar yang dilakukan di sana menarik ribuan pengunjung setiap tahun. Peringatan Anzac ke-100 pada 2015 diikuti ribuan orang sehingga harus diundi dengan tiket yang tersedia bagi 10.500 pengunjung.

Bangsa yang besar memang bangsa yang menghargai dan menghormati para pejuang dan pahlawan kusuma bangsa.

Melbourne, 24 April 2018.