Mereka Memilih Jadi WNI

Category: | Posted date: 2018-05-06 05:49:04 | Updated date: 2018-05-10 09:37:48 | Posted by: Klasik Herlambang


Ceknricek.com - Masalah yang dihadapi artis dari perkawinan campuran kerap muncul karena kurangnya pemahaman soal kewarganegaraan. Tak jarang ada yang harus berurusan dengan hukum, dan dideportasi karena dianggap melanggar izin tinggal.  Berikut beberapa



Ceknricek.com - Masalah yang dihadapi artis dari perkawinan campuran kerap muncul karena kurangnya pemahaman soal kewarganegaraan. Tak jarang ada yang harus berurusan dengan hukum, dan dideportasi karena dianggap melanggar izin tinggal.  Berikut beberapa para artis yang memiliki dwi kewarganegaraan dan kemudian memutuskan untuk memilih menjadi WNI:

Cassandra Lee

Lahir di Jakarta, 15 Maret 2001, Cassandra Sherly Lee adalah putri pasangan Michael Robert Lee-Mia Arrijani. Ayahnya berkewarganegaraan Inggris, sedangkan ibunya asal Malang (Indonesia). Setelah menetap di Indonesia, Cassandra berkeinginan memilih Indonesia sebagai persinggahan terakhirnya.

Casandra Lee / foto:YayatR/Tabloid C&R.

Peningkatan karier di dunia hiburan tentu menjadi salah satu faktor gadis cantik berdarah campuran Inggris-Perancis-Irlandia-Indonesia ini untuk memutuskan memilih kewarganegaraan asal ibunya. Dan hal itu bukan isapan jempol. Di mana tawaran untuk membintangi berbagai film datang silih berganti ke salah satu anggota girlband Elovii ini.

(baca: Tatjana Saphira : “Saya Cinta Indonesia” )

Dan sebagai wujud kecintaannya pada negeri ini, selain terus memperlancar kemampuan bahasa Indonesianya, Cassandra juga getol mengampanyekan kesadaran untuk meningkatkan kecintaan pada negeri melalui program Stop Membuang Sampah Sembarangan.

Rianti Cartwright

Meski memiliki darah campuran Jawa – Inggris, Rianti Rhiannon Cartwright justru kesulitan saat harus memilih Indonesia sebagai status kewarganegaraannya. Itu karena artis kelahiran Bandung, Jawa Barat, 22 September 1983 itu, terlambat memutuskan untuk memilih, saat status dwikewarganegaraan terbatas miliknya habis. Sehingga otomatis dia harus mengikuti kewarganegaraan sang ayah Rianty Catwright / foto:YayatR/Tabloid C&R.

Namun karena karier yang begitu cemerlang di Indonesia, serta kecintaan yang besar pada negeri tempat dia dilahirkan, Rianti pun memutuskan untuk memilih menjadi warga negara Indonesia. Berbagai prosedur administrasi pun dilewati oleh mantan VJ MTV ini. Proses panjang yang memakan waktu bertahun-tahun harus ditempuh sebagai konsekuensi dari pilihannya itu.

Setelah melewati masa penantian selama kurang lebih lima tahun, akhirnya pada 2010, Rianti yang kala itu berusia 26 tahun, berhasil mendapatkan status WNI. Tentu saja hal itu sangat disyukuri oleh pemeran Aisyah dalam film Ayat-Ayat Cinta 1 ini. Ia mengaku sempat berdebar-debar dan grogi saat diperintah menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai salah satu syarat naturalisasi.

Dewi Sandra

Pengalaman pahit pernah dialami oleh Dewi Sandra karena status kewarganegaraan yang dimilikinya. Artis kelahiran Rio de Janeiro, Brasil, 3 April 1980 itu sempat dideportasi karena dianggap melakukan aktivitas ilegal di Indonesia.

 Dewi Sandra / foto:YayatR/Tabloid C&R.

Dengan status kewarganegaraannya yang mengikuti sang ayah George Killick sebagai warga negara Inggris, tentu Dewi dilarang bekerja di Indonesia tanpa izin khusus.

Karena itulah Dewi pun berusaha untuk bisa mendapatkan status kewarganegaraan itu. Bahkan sebagai bukti keseriusannya, Dewi memutuskan untuk menikah dengan aktor Surya Saputra pada 8 Oktober 2000. Namun hal ini tak serta merta membuatnya memiliki status kewarganegaraan Indonesia. Sebab secara hukum, seorang warga negara asing yang menikah dengan pria Indonesia, bisa menjadi WNI kalau usia perkawinannya sudah satu tahun atau lebih. Itupun ada persyaratan-persyaratan khusus yang harus dipenuhi.

(baca: Tatjana Saphira, Terancam tanpa Kewarganegaraan)

Akibatnya pada 24 Oktober 2000, Dewi Sandra terpaksa harus dideportasi keluar dari Indonesia. Dan hal itu tentu saja menjadi sebuah tamparan keras, yang kemudian membuatnya terus berjuang untuk bisa mendapatkan status WNI. Salah satunya dengan terus berkarya serta mengurus berbagai prosedur keadministrasian yang berlaku di Indonesia.

Mike Lucock

Pemilik nama lengkap Richard Michael Lucock ini adalah salah satu artis yang namanya cukup bersinar. Lahir di Jakarta, 19 Oktober 1986, pria berdarah Indonesia-New Zealand ini dikenal sebagai VJ MTV bersama Rianti Cartwright.

Setelah memegang paspor sebagai warga negara New Zealand, Mike akhirnya resmi mendapatkan status sebagai warga negara Indonesia di usianya yang ke 21, pada 2007.

Ditunjang dengan kemampuan bahasa Inggris yang sangat bagus, membawa Mike terlibat dalam film Java Heat bersama aktor Hollywood Kellan Lutz dan Mickey Rourke. Serta sebuah sinetron kerja sama Indonesia dengan Korea Selatan yang tayang di lima negara berjudul Saranghae I Love You.

Ari Wibowo

Aktor senior ini juga menjadi salah satu dari deretan artis yang memiliki kewarganegaraan ganda dan memutuskan menjadi WNI. Dan lagi-lagi faktor karier dan rasa cinta yang sedemikian besar pada negeri inilah, yang mendorong Ari Wibowo rela melepas kewarganegaraan Jerman yang didapat dari sang ibu.

Ari Wibowo / foto:YayatR/Tabloid C&R.

Ari memang sempat memiliki status warga negara Jerman, karena dia lahir dan besar di negeri itu. karenanya pada saat usianya memasuki 18 tahun, dia dihadapkan pada pilihan untuk memilih salah satu dari dua kewarganegaraan yang ada. Dan dia mantap memilih Indonesia.

Yang menarik, nasionalisme Ari Wibowo justru diturunkan dari sang ayah Wibowo Wirjodiprodjo yang seorang pejuang kemerdekaan. Sehingga dalam darah Ari Wibowo begitu deras mengalir darah pejuang, yang membuatnya sangat mencintai negeri ini.

Dari keputusannya memilih menjadi WNI ini, akhirnya membuat karier Ari Wibowo semakin cemerlang. Berbagai film baik sinetron maupun layar lebar dibintangi oleh pria berwajah indo ini.